Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nelayan Anambas Hilang Saat Cari Umpan
Oleh : emmi/dd
Rabu | 30-01-2013 | 17:45 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Seorang nelayan dari Desa Mengkait, Tony Kecamatan Siantan Selatan dilaporkan hilang saat sedang mencari ikan untuk jadi umpan di laut lepas, tepatnya kira-kira 40 mil dari Pulau Bawah, Siantan Selatan sejak Minggu (27/1/2013) lalu.


Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Pemkab Kepulauan Anambas, Rita Hayati, mengatakan, Toni ditemani empat temannya yang belum diketahui namanya pergi mencari ikan ke perairan Pulau Bawah pada Minggu siang. Namun ketika di tengah laut keempat temannya tidak melihat keberadaan Tony di atas jongkong (sampan-red.).

"Karena tidak memiliki umpan, kelima nelayan berusaha mencari umpan dengan menggunakan jongkong. Sebenarnya mereka berada di atas kapal besar namun karena hanya untuk mencari umpan kelima nelayan tersebut menggunakan jongkong," katanya.

Saat memancing ikan untuk umpan tersebut nelayan tidak memperhatikan satu sama lain hingga satu dari kelima nelayan tidak berada dalam jongkong dan mereka berusaha mencari di lokasi pemancingan karena tidak ketemu akhirnya melaporkan peristiwa tersebut kepada Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Alam.

Hingga saat ini tim SAR yang terdiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan dan dari Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Anambas sedang mencari keberadaan Toni.