Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelurahan Belian, Kelurahan Terpadat se-Kepri
Oleh : ali/dd
Selasa | 29-01-2013 | 18:23 WIB
camat_batamtkota.jpg Honda-Batam
Camat Batam Kota, Syaiful Bahri.

BATAM, batamtoday - Jumlah penduduk di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, saat ini sudah berjumlah sekitar 60 ribu jiwa. Jumlah ini dikatakan Camat Batam Kota Syaiful Bahri, merupakan jumlah terpadat tingkat kelurahan di Kepulauan Riau (Kepri).


Jadi sudah wajar kalau Kelurahan Belian dijadikan kecamatan. Karena berbagai syarat pemekaran di Kecamatan Batam Kota sudah terpenuhi, selain jumlah penduduk yang padat, juga lahan di dalamnya masih luas yang diperuntukan untuk dijadikan pemukiman," ujarnya, Selasa (29/1/2013).

Dikatakannya, usulan pemekaran Kecamatan Batam Kota yang terdapat di salah satu kelurahan yakni Kelurahan Belian sudah lama diusulkan oleh sejumlah tokoh masyarakat,

"Tahun 2011 kami sudah mengadakan rapat dengan para tokoh masyarakat sekitar untuk  membahas wacana pemekaran Kecamatan Batam Kota. Hal ini sudah sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Kota Batam yang meminta agar mengadakan rapat dengan para tokoh masyarakat menganai pemekaran. Dan rencana pemekaran ini sudah menyetujui oleh para tokoh masyarakat," katanya.

Wacana pemekaran yang telah disetujui para tokoh masyarakat,  Kelurahan Belian nantinya akan menjadi kecamatan tersendiri. Sedangkan lima kelurahan yang ada akan dibagi menjadi dua kecamatan.

"Dalam hal ini, tentunya akan ditentukan kembali batas-batas wilayah serta titik-titik yang menjadi batas wilayah kecamatan," terangnya.

Namun, pihaknya kembali menyerahkan seutuhnya kepada Pemerintah Kota Batam yang memiliki kebijakan, hingga  anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit, seperti sarana maupun infrastruktur menjadi pertimbangan.

"Saat ini jumlah penduduk di Kelurahan Belian mencapai 60 ribu jiwa. Kelurahan Belian ini juga menjadi kelurahan yang terpadat yang ada di Provinsi Kepri," tukasnya. Pihaknya menuturkan bila wacana ini dapat terlaksana, tentunya dapat mempermudah layanan masyarakat untuk ke kantor kecamatan.

Perlu diketahui Kecamatan Batam Kota saat ini terdapat 6 kelurahan. Adapun kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Sungai Panas, Kelurahan Baloi Permai, Kelurahan Taman Baloi, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Belian, serta Kelurahan Teluk Tering.