Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perokok Pasif Terancam Gigi Berlubang?
Oleh : Redaksi/GSBS
Jum'at | 18-03-2011 | 11:19 WIB

Batam, batamtoday - Sudah diketahui bahwa kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan masalah rongga mulut. Mulai dari penyakit gusi, sampai yang paling parah yaitu kanker mulut. Namun, sebuah penelitian baru mengungkap hal lain.

Berdasarkan sebuah penelitian di Harvard School of Dental Medicine, diketahuilah bahwa perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok yang berasal dari perokok aktif ternyata juga memiliki risiko gigi berlubang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dari penelitian ini ditemukan bahwa walaupun tidak secara langsung mengonsumsi rokok, asap rokok yang ikut terhirup oleh perokok pasif juga akan berpengaruh pada aliran saliva (air ludah) yang ikut memiliki andil dalam menjaga kebersihan mulut.

Dengan berkurangnya produksi saliva, kemampuan rongga mulut untuk menjaga kebersihannya pun akan berkurang. Tingkat keasaman mulut akan meningkat, sehingga memudahkan lubang gigi untuk terbentuk.

Saat ini, mulai banyak orang yang menyadari bahaya dari kebiasaan merokok. Hampir 2/3 dari perokok ingin menghentikan kebiasaan buruknya itu. Diharapkan, dengan diketahuinya bahaya asap rokok terhadap orang lain di sekitarnya, mereka dapat lebih termotivasi lagi untuk memantapkan niatnya berhenti dari kebiasaan ini.