Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Kawanua Bintan Gelar Makudapa dan Kunci Taon
Oleh : arj/dd
Senin | 28-01-2013 | 14:44 WIB
Keluarga-Minahasa-gelar-siratullrahmi-dimeriahkan-dengan-musik-Kolintang.jpg Honda-Batam
Acara Makudapa dan Kunci Taon warga Kawanua Bintan dimeriahkan dengan musik kolintang di gedung Sasanaria Pertamina Tanjunguban, Sabtu (26/1/2013) malam.

TANJUNGUBAN, batamtoday- Ikatan Keluarga Kawanua "Matuari Waya" Kecamatan Bintan Utara, Serikuala Lobam dan Teloksebong, menggelar acara Makudapa dan Kunci Taon atau silaturahmi di gedung Sasanaria Pertamina Tanjunguban, Sabtu (26/1/2013) malam.


Acara Kawanuwa Matuwariwaya atau silaturahmi ini, sudah menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh sekitar 70 kepala keluarga (KK) warga Menado yang tersebar di tiga kecamatan tersebut. Dan keberadaan warga Manado di Bintan, memang sudah secara turun temurun.

Jefri, ketua panitia pelaksana, kepada batamtoday mengatakan, agenda acara siratullrahmi tersebut adalah acara penutupan tahun 2012, dan juga sebagai bentuk rasa sukur warga Manado Bintan, terhadap sang pencipta alam semesta.

"Acara digelar selain untuk meningkatkan tali persaudaraan, juga bentuk rasa sukur yang di panjatkan kepada sang pencipta," katanya.

Selain itu, warga Manado yang ada di Bintan secara keseluruhan sudah berkomitmen untuk terus bersinergi dan mendukung seluruh program pembangunan yang dijalankan pemerintah.

dan sebaliknya, pemerintah juga diharapkan untuk selalu memberikan dukungan terkait kegiatan yang diselenggarakan oleh warga Manado.

"Kita siap berperan aktif dalam mendukung program pembangunan dari pemerintah. Sebaliknya kita juga berharap dalam kegiatan selalu dilibatkan," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Bintan yang menghadiri acara, Indra Setiawan anggota, mengatakan sangat mendukung seluruh kegiatan yang digelar oleh paguyuban-paguyuban yang adad di Bintan, karena hal tersebut adalah bentuk keberagamanan atau Bhenika Tunggal Ika, yang wajid untuk selalu dijaga keutuhannya. 

Begitu juga seni khas Manado, musik Kolintang yang ditampil oleh warga dalam kegiatan tersebut, Indra berharap, agar kesenian itu terus dikembangkan. Dan nantinya tidak hanya tampil secara terbatas dalam komunitas, tetapi bisa lebih kepada kegiatan yang lebih besar lagi.

"Kalau bisa nantinya, tidak hanya terbatas di dalam komunitas, tapi bisa ketingkat yang lebih luas," ujarnya.