Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liburan Maulid Nabi, Liburan Terakhir bagi Romy
Oleh : jhr/dd
Sabtu | 26-01-2013 | 13:05 WIB
korban-gantung-diri-lingga-1.jpg Honda-Batam
Jenazah Romy siswa SMK Negeri I dabo dibawa ke RSUD Dabo untuk divisum.

LINGGGA, batamtoday - Liburan Maulid Nabi pada Kamis, 24 Januari 2013 lalu ternyata menjadi liburan terakhir bagi Romy (16), siswa salah satu SMK di Dabo. Dan hari itu juga, yang dimanfaatkannya pulang ke rumah orang tuanya di Desa Lanjut, merupakan pertemuan terakhir dengan orang tua dan sanak saudaranya.


Karena esok harinya, Jumat (25/1/2013) petang, Romy nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di sebuah kamar di rumah kakaknya di Dusun I Kampung Baru, RT 02 RW 02 Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Romy ditemukan tewas gantung diri, pertama kali oleh Sinta, kakaknya, di dalam sebuah kamar di rumahnya dengan posisi kaki menyentuh lantai.

Hamidah, ibu Romy, mengatakan, anak mereka yang pulang liburan pada Kamis (24/1/2013) lalu  menjadi pertemuan terakhir mereka. Namun, Hamidah mengaku tak sidikitpun punya firasat atas kepergian anaknya untuk selamanya itu.

"Sewaktu pulang, kami tidak melihat adanya tanda-tanda keganjilan pada diri anak kami. Sebelum kembali ke Dabo, ke rumah kakaknya yang berada di Dusun I Kampung Baru, RT 02/RW 02 Desa Batu Berdaun, saya sempat memberikan uang kepadanya sebesar Rp 16 ribu. Saya katakan, apakah cukup uang segini, dia bilang cukuplah mak untuk beli bensin motor," tutur Hamidah mengenang ucapan anaknya sambil berurai air mata.

Romy yang merupakan bungsu dari 5 bersaudara ini, diakui Hamidah memiliki karakter yang agak pendiam, tidak seperti 4 kakaknya. "Namun selama ini tidak pernah mendatangkan masalah bagi kami," kata Hamidah.

Hal senada juga disampaikan salah seorang teman sekelas Romy, Andi, yang saat itu melayat di RSUD Dabo.

"Dalam sehari dua hari ini, kami melihat Romy lain dari biasanya. Dia lebih banyak berdiam diri di dalam kelas. Kami tidak menyangka Romy bisa seperti ini, selama ini dia tidak pernah menyampaikan permasalahan apapun kepada kami teman sekelasnya. Memang Romy agak sedikit tertutup," tutur Andi.

Sementara itu, Nunung, tetangga Sinta, mengatakan, sewaktu dirinya mau berpergian ke pantai Sergang, salah satu tempat wisata daerah Dabo, Nunung sempat melihat Romy sedang berada di belakang rumah.

"Saya pun menyapanya, namun sapaan saya tidak direspon sama sekali. Setelah saya di pantai, tau-taunya mendengar kabar dia sudah tiada," ujar Nunung.

Sinta kakak korban, saat ditemui di kediamannya belum bisa memberikan jawaban terkait kenekatan Romy mengahiri hidupnya dengan cara gantung diri. Hanya saja, Sinta mengaku, dirinyalah orang yang pertama sekali melihat Romy tergantung dan tidak bernyawa lagi di kamar tidurnya yang berukuran 2 x 3 meter itu.