Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Syamsir Alam Bermain di DC United
Oleh : si
Sabtu | 26-01-2013 | 09:54 WIB
Syamsir_Alam.jpg Honda-Batam

Striker masa depan Indonesia, Syamsir Alam

JAKARTA, batamtoday - Striker masa depan Indonesia, Syamsir Alam secara resmi dipinjam klub MLS DC United selama satu tahun kedepan dari klubnya CS Vise, Belgia.



Syamsir Alam akan menjadi orang Indonesia pertama yang mencicipi kerasnya kompetisi sepak bola Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS), milik pengusaha Indonesia Erick Thohir. 

"Dia adalah orang Indonesia pertama yang akan bermain di MLS. Dia menjadi pemain pinjaman selama satu musim ke depan," tulis rilis resmi dari CS Vise.

Striker masa depan Indonesia tersebut akan segera bergabung dengan DC United dua minggu ke depan. Dalam rIlis tersebut dijelaskan bahwa kontrak Syamsir yang masih berstatus pinjaman bisa beralih menjadi dimiliki penuh oleh DC United karena terdapat opsi beli sebelum Desember 2013.

Masuknya Syamsir sebagai pemain pilihan setelah tim U-21 DC United melakukan scouting ke Eropa. Hasilnya, mereka menilai kemampuan pemain 20 tahun tersebut cukup bagus. Bahkan, kualitas Syamsir sudah disejajarkan untuk masuk di tim utama karena sudah dipanggil Timnas U-23 saat usianya masih belum genap 20 tahun.

Namun, pemain yang beroperasi sebagai penyerang tersebut besar kemungkinan tidak akan menempati posisi itu secara mutlak. Dia dinilai memliki potensi dan menunjukkan permainan memikat saat ditempatkan sebagai gelandang serang

"Syamsir masih muda, dia adalah gelandang serang dengan kemampuan teknik yang baik. Karena itu dia akan bersama kami ke depan dengan status pinjaman," ucap General Manager DC United, Dave Kasper.

Keberhasilan Syamsir menembus MLS melenghkapi perjalan karirnya selama ini. Pemain yang sempat mengikuti program Timnas U-19 Sociedad Anonima Deportiva (SAD) dianggap sebagai penyerang masa depan Indonesia setelah dikontrak oleh kluib Uruguay Penarol.

Dianggap bagus, CS Vise akhirnya merekrutnya untuk tampil di Divisi II Liga Belgia. Dia diproyeksikan untuk bisa menemus liga Utama di Eropa. Namun, belum satu tahun berjalan, DC United kepincut setelah melakukan pencarian bakat.