Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serahkan Bantuan Pelampung

Dwitra Gunawan Kritik Ilyas Sabli Tak Peduli Keamanan Warganya di Laut
Oleh : emmi/si
Sabtu | 26-01-2013 | 08:16 WIB

NATUNA, batamtoday - Laut bagi masyarakat Natuna sangat penting, selain sebagai tumpuhan untuk mencari nafkah, juga dipergunakan sebagai jalur transportasi antara satu pulau dengan pulau yang lain.



Namun, masyarakat Natuna masih didera rasa was-was terhadap keamanan mereka di laut mengingat gelombang yang cukup besar dan tinggi sepanjang hari.

Karena itu, DPRD Kabupaten Natuna meminta Bupati Natuna Ilyas Sabli menyediakan life jacket (pelampung) bagi para nelayan, masyarakat dan para anak sekolah.

Wakil Ketua DPRD Natuna Dwitra Gunawan di Ranai, Jumat (25/1/2013) mengatakan, masyarakat Natuna membutuhkan keamanaan saat mereka di laut baik mencari nafkah maupun berpergian antar pulau. 

"Sejak dahulu kami semua di sini rata-rata nelayan, kalaupun ada yang profesinya bukan nelayan yang pasti sering berpergian antar pulau menggunakan jalur laut. Jalur lalulintas transportasi antar pulau yang paling utama di daerah ini. Melalui laut warga dapat bersilaturrahmi dengan sanak keluarga yang berada di pulau lainnya," katanya.

Bahkan di pulau-pulau tertentu, murid SD hingga SMA juga pergi ke sekolah melalui jalur laut menggunakan pompong. Kondisi ini sangat rawan terjadinya kecelakaan, oleh karena itu keamanan warga di laut menjadi sangat krusial. Apalagi laut Natuna terkenal ganas dan sangat berbahaya bila dilayari armada-armada kecil yang biasa dipergunakan masyarakat Natuna.

Selama ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna dinilai kurang perhatian dan tidak peduli terhadap keamanan warganya selama berada di laut. 

"Oleh karena itu saya membantu nelayan kita di Desa Sebuton ini terlebih dahulu saya ke Desa Sebuton, Kecamatan Bunguran Utara ini membawa 26 pelampung untuk para nelayan," katanya.

Rencananya pada Februari 2013 mendatang, Dwitra Gunawan akan kembali memberikan bantuan 500 life jacket kepada para nelayan dan anak sekolah. Penyerahan pelampung itu, lanjarnya akan melibatkan Basarnas daerah yang sekaligus akan memberikan pengetahuan pengetahuan tentang penanggulangan, pencegahan dan pengendalian bencana di laut.

"Ya tujuan utamanya adalah memberikan keamanan terhadap masyarakat kita yang sedang melaskanakan kegiatan di laut sembari berharap semoga saja ini bisa menjadi stimulasi bagi meraka-mereka yang memiliki kemampuan lebih untuk berbagi dengan warga kurang mampu, terima Pemerintah Kabupaten Natuna. Diharapkan pemerintah tergugah untuk memperhatikan keamanan warga di laut," katanya.