Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Pilot Asing Masih Mengudara di Indonesia
Oleh : ali/dd
Kamis | 17-01-2013 | 19:13 WIB
pilot_asing.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pilot asing di Indonesia. (Foto: Republika).

BATAM, batamtoday - Dirjen Perhubungan Udara menyebutkan potensi penerbangan di Indonesia masih sangat besar. Hingga saat ini pilot asing yang diperkerjakan di Indonesia berjumlah 600 sampai 800 orang.

"Dalam satu hari aja, saya harus menandatangani lisensi penerbangan untuk pilot asing rata-rata sebanyak 10 orang," ujar Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Dirjen Perhubungan Udara, Diding Sunardi di sela peresmian Flybest Flight Academy di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kamis (17/1/2013).

Tempat pelatihan penerbangan, menurutnya masih sangat dibutuhkan. Bahkan pelatihaan penerbanagan dari luar negri banyak yang mau mendirikan sekolah penerbangan di tranah air ini.

Di Indonesia, menurutnya sudah ada 14 sekolah penerbangan yang sudah aktif. Dari 14 sekolah penerbangan diantaranya banyak yang tidak berkembang.

"Sejujurnya saya lebih suka perusahaan pelatihan terbang yang sudah ada untuk lebih dikembangkan. Karena setiap organisasi yang masuk dalam penerbangan sangat memperngaruhi kenerja keselamatan kita," katanya kembali.

Setiap harinya, penerbangan di Indonesia ada yang memperhatikan, memonitor kapan terjadi insiden. Adanya perusahaan yang terjun, berati tingkat kemungkinan terjadinya insiden meningkat.

"Insiden penerbangan di Indonesia yang terjadi dipantau seperti dari FAA (Amerika Serikat)," katanya.

Flybest merupakan tempat penerbangan yang ke-15 di Indonesia yang telah lulus dan mendapat sertifikasi. Untuk memperoleh sertifikasi yang telah dikeluarkan untuk membuka pelatihan penerbangan tidak mudah mendapatkan izin dari Dirjen Perhubungan Udara.