Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baznas Berikan Dana Stimulan Rp 100 juta per Desa
Oleh : si
Rabu | 16-01-2013 | 20:20 WIB
didin.jpg Honda-Batam

Ketua Umum Baznas Didin Hafidhudin

JAKARTA, batamtoday - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan dana stimulan untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat di desa.



Total dana stimulan yang diberikan mencapai Rp5 miliar yang akan diberikan kapada 100 desa di kabupaten di Indonesia yang masuk kategori miskin. 

Ketua Umum Baznas Didin Hafidhudin mengatakan, setiap desa akan menerima dana stimulan Rp100 juta per desa itu dikucurkan melalui program zakat community development (ZCD).

"Ini merupakan proses jangka panjang dengan mengintegrasikan program-program untuk mengatasi masalah kesehatan, pendidikan, ekonomi dan masalah sosial dengan menggunakan dana zakat infak shodaqoh," kata Didin di Jakarta, Rabu (16/1/2013).
      
Disebutkan Didin, desa penerima bantuan dana stimulan ini tentunya harus memenuhi kategori dan telah dinilai oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNPPK).

"Seperti desa dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Tujuannya adalah pemberdayaan desa sehingga masyarakatnya bisa lebih mandiri dan terbebas dari kemiskinan," katanya.

Besaran dana stimulan Rp5 Milyar ini merupakan langkah awal. Diharapkan di tahun mendatang pengalokasian dana maupun jumlah desa penerima program ZCD ini terus bertambah.