Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasca Gempa dan Tsunami

Jepang Tetap Ikut Copa America
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 16-03-2011 | 18:40 WIB

Tokyo, batamtoday - Federasi Sepakbola Jepang, JFA menegaskan bahwa "Tim Samurai Biru" tetap akan mengikuti turnamen antarnegara Amerika Latin pada bulan Juli mendatang di Argentina.

Sekjen JFA, Kozo Toshima mengatakan tim nasional Jepang akan berpartisipasi dalam dalam turnamen empat tahunan ini sebagai tim undangan, walau saat ini tengah menghadapi kepastian pasca bencana gmpa dan tsunami yang menelan ribuan jiwa serta bocornya reaktor nuklir.

Keraguan Jepang bakal mengirimkan tim nasional ke Argentina disebabkan pengelola Liga Utama Jepang [J-League] telah menunda liga hingga April. Dengan demikian, J-League belum selesai saat Copa America berlangsung.

JFA diperkirakan bakal mendapat tentangan dari klub yang akan kehilangan pemain karena memperkuat tim nasional. Pelatih Alberto Zaccheroni terpaksa harus memanggil pemain yang bermain di Eropa agar klub-klub J-League tidak menderita.

“Rencananya J-League tetap dimainkaan, dan melakukan apa yang harus dilakukan sekalipun ada Copa America,” ujar ketua J-League Kazumi Ohigashi seperti dikutip Bola.Com.

Sementara itu, uji coba melawan Montenegro pekan depan dipastikan dibatalkan akibat bencana tersebut. Begitu juga dua pertandingan kandang Kashima Antlers dan Nagoya Grampus di Liga Champions Asia.