Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Ingin Kuasai Pasar Mobil Indonesia
Oleh : dd
Rabu | 16-01-2013 | 12:10 WIB
proton.jpg Honda-Batam
Dealer Proton di Malaysia. (Foto: Proton Edar).

JOHOR, batamtoday - Produsen mobil Malaysia, Proton, memasukkan Indonesia sebagai prioritas penjualan produknya selain Thailand dan Australia. Hal tersebut untuk mencapai target penjualan mobil 500.000 unit dalam lima tahun ke depan.


"Dalam rangka memenuhi target 500.000 unit, salah satu usaha kami adalah dengan mendorong pasar ekspor," ujar Presiden Direktur Proton Datuk Seri Mohd Khamil Jamil di Johor seperti yang dikutip dari harian The Sun Daily, Rabu (16/1/2013).

BUMN Malaysia itu menargetkan 20 persen dari total target tersebut dipasarkan ke luar negeri. "Proton yang sudah berusia 27 tahun telah mengekspor ke 55 negara namun jumlahnya hanya 20.000 unit saja. Volume ekspor harus naik," imbuh dia.

Dia mengatakan, untuk memenuhi standar negara-negara ekspor, Proton telah menaikkan kualitas mobil produksinya. Proton saat ini tengah berusaha bangkit dari keterpurukannya selama dua tahun terakhir. Proton juga berinisiatif untuk membangun pabrik pengolahan melalui kerja sama antara Malaysia dan Thailand, China dan Indonesia.

Tahun lalu, penjualan mobil di Indonesia telah mencetak rekor tembus 1 juta unit. Hal tersebut didorong dengan bertambahnya kelas menengah yang diperkirakan tembus 134 juta orang.

Sumber : Merdeka.