Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terpaksa Nyolong Blackberry ontuk Oleh-oleh Pulang Kampung
Oleh : kli/dd
Sabtu | 12-01-2013 | 13:27 WIB
maling-blackbery-1.jpg Honda-Batam
Pelaku sedang diinterogasi Kanit Reskrim Polsek Seibeduk, Aipda Gultom.

BATAM, batamtoday - Mad Bastari (28) warga perumahan GMP blok E/75 terpaksa menjadi penghuni sel tahanan Polsek Seibeduk, setelagh kepergok mencuri satu unit handphone jenis Blackberry Gemini 2 di salah satu konter di Panbil Mall, Mukakuning, Jumat (11/1/2013) malam.


Menurut pelaku, handphone curian itu akan dibawa pulang kampung ke Palembang, Sumatera Selatan, untuk oleh-oleh. Namun saat pelaku melancarkan aksinya, pemiliknya, Sima (19) warga kampung Aceh, Mukakuning mengetahui aksi nekat pelaku dan langsung diteriakin maling.

"Handphone itu lagi dicas. Begitu saya ambil, korban melihat dan berteriak maling. Saya pun ditangkap sekurity dan dipukuli banyak warga," aku pelaku di Polsek Seibeduk, Sabtu (12/1/2013) siang.

Beruntung aparat dari Polsek Seibeduk cepat turun ke lokasi dan mengamankan pelaku dari amukan warga. Dengan kondisi wajah luka lebam, pelaku digiring ke Polsek Seibeduk dan dijebloskan ke penjara.

Aksi nekatnya juga, diakui Bastari karena tak punya kerjaan lagi. Sebab, sekitar dua minggu yang lalu dia baru saja di PHK dari salah satu perusahaan galangan kapal di Tanjunguncang.

"Handphone itu mau saya bawa pulang kampung untuk oleh-oleh, pak," ujar pelaku singkat.

Kanit Reskrim Polsek Seibeduk, Aipda Gultom mengatakan berdasarkan pengakuan pelaku, aksi pencurian baru pertama sekali dilakukannya. Pelaku yang kepergok korbannya dan juga sekuriti Panbil Mall sempat menghajar pelaku hingga mengalami luka lebam di bagian wajah.

Anggota Polsek Seibeduk yang mengetahui kejadian tersebut langsung turun ke lokasi dan mengankan pelaku dari amaukan warga. Saat ini, pelaku beserta barang bukti hasil kejahatannya sudah diamankan.

"Pelaku dijerat pasal 363 KUHP ancaman 7 tahun penjara,"kata Gultom di ruangannya.

Kapolsek Seibeduk, AKP Zalukhu menghimbau agar pemilik maupun pekerja di konter hanphone lokasi Panbil Mall supaya lebih waspada. Sebab, niat pelaku bisa saja muncul karena ada kesempatan. Bagi warga Seibeduk, Zalukhu juga menghimbau supaya menyimpan barang-barang berharga di tempat yang lebih aman.

"Saya berharap kita semua lebih waspada dan berhati-hati. Khusus pedangang di lokasi Panbil Mall, agar tetap memperhatikan keamanan barang dagangannya,"ungkap Zulukhu menghimbau warga Seibeduk.