Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pernikahan Pasangan Sejenis di KUA Seibeduk Disebut Sesuai SOP
Oleh : kli/dd
Sabtu | 12-01-2013 | 11:13 WIB
Kepala-KUA-Seibeduk,-Budi-Dermawan.jpg Honda-Batam
Budi Dermawan, Kepala KUA Seibeduk.

BATAM, batamtoday - Pasangan sejenis,  Angga Soetjipto (23) dan Ninies Ramiluningtyas (41) yang telah melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Seibeduk disebut sudah sesuai Standar Operating Prosedur (SOP). Hanya saja, identitas salah satu penganten dipalsukan dari perempuan diubah menjadi laki-laki.


Budi Dermawan, Kepala KUA Seibeduk, mengatakan, kelengkapan administrasi pasangan sejenis dinyatakan sesuai prosedur setelah dilakukan pengecekan. Tapi, berdasarkan laporan warga Puri Agung III RT 03/RW 25 Kelurahan Mangsang, Seibeduk, ternyata pasangan tersebut merupakan sesama jenis yakni perempuan.

"Persyaratan nikah pasangan itu sudah lengkap. Berdasarkan laporan warga, pasangan itu ternyata sejenis. Dan saat ini proses pembatalan surat nikah tersebut sudah dalam proses," papar Budi kepada wartawan, Jumat (11/1/2013) sore di KUA Seibeduk.

Budi juga berharap agar tidak ada lagi pihak-pihak yang memberikan statemen terkait pernikahan pasangan sejenis itu. Sebab, saat ini sudah menjadi ranah hukum dan menunggu hasil putusan Pengadilan Agama.

Budi juga mengaku kalau pihak KUA Seibeduk merasa tertipu, karena salah satu pasangan sejenis itu memalsukan identitas. Padahal, surat pernyataan diri yang dibuat di atas kertas bermaterai 6000 sudah dibuat. Meskipun pernikahan pasangan sejenis itu bukan pada saat dia menjabat, tapi Budi tetap siap bertanggung jawab.

"KUA Seibeduk ini juga tertipu. Memang, pernikahan pasangan sejenis itu berlangsung bukan pada saat saya menjabat, tapi saya tetap harus bertanggungjawab," akunya.

Diketahui, pasangan sejenis yang telah melangsungkan pernikahan di KUA Seibeduk berlangsung pada saat H. Hamdanis Sag menjabat sebagai KUA, sekitar Januari 2012 lalu. "Kepala KUA Seibeduk saat itu yang menjabat H. Hamdanis Sag, bukan saya," tutupnya.