Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satpol PP Bintan Minim Personil dan Prasarana
Oleh : arj/dd
Jum'at | 11-01-2013 | 16:39 WIB
Kakansatpol-PP-Bintan-Dian-Nusa.jpg Honda-Batam
Drs Dian Nusa, Kepala Satpol PP Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bintan, yang bertugas di wilayah Bintan yang sangat luas serta memiliki medan dan resiko yang tinggi, ternyata masih sangat minim personil dan sarana prasarana.


Minimnya personil dan sarana prasarana yang dimiliki Satpol PP Bintan, dikeluhkan Drs Dian Nusa, Kepala Satpol PP Bintan, kepada batamtoday di Tanjunguban, baru-baru ini.

Untuk wilayah Bintan yang sangat luas, kata Dian, sudah seharusnya Satpol PP memiliki personil yang mencukupi. Apalagi, pihaknya sering menghadapi resiko tinggi, misalnya, saat mengahdapi masyarakat yang sedang terkena masalah dan musibah di lapangan. 

Sejauh ini, kata Dian Nusa, jumlah personil Satpol PP yang ada di Bintan baru berjumlah 181 orang yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Bintan.

"Tanjungpinang saja jumlahnya sudah lebih dari 250 personil. Harusnya, untuk Bintan yang lebih luas jelas membutuhkan tambahan anggota. Bisa dibayangkan bagaimana pelayanan kita jika personil dan sarana perasarana tidak memadai saat terjadi permasalahan," imbuhnya.

Dian Nusa juga mengaku, sudah menyampaikan permasalahan tersebut kepada kepala daerah dan meminta tambahan 50 personil baru, dengan rincian 40 untuk anggota dalmas dan 10  anggota Satpol PP perempuan, namun belum bisa terealisasi.

"Yang jelas, sudha kita sampai permintaan penambahan personil baru tersebut, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa terealisasi, mengingat medan dan luasnya wilayah Bintan,' tuturnya lagi.

Apa yang dismapaikan tersebut, katanya, hanyalah sebuah harapan agar dalam menjalankan tugasnya Satpol PP bisa lebih profesinal.

"Untuk menjadikan profesional, tentu harus dibekali dengan prasarana yang memadai," ujar Dian Nusa yang juga mengeluhkan tunjangan anggota Satpol PP yang belum pernah ada sampai saat ini.