Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Sempat Panik

Alami Kerusakan Mesin, Kapal Oceana II Terdampar di Pulau Jenang
Oleh : ali/dd
Jum'at | 11-01-2013 | 12:47 WIB
akbp-hartono-kabid-humas-polda-kepri.jpg Honda-Batam
Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono.

BATAM, batamtoday - Kapal Oceana II yang mengakut puluhan penumpang dari pelabuhan Tanjungbalai Karimun menuju Harbour Bay Batam, terdampar di Pulau Jenang setelah mengalami kerusakan mesin, Kamis (10/1/2012).


Para penumpang berhasil diefakuasi sekitar pukul 16.30 Wib, setelah pihak pengelola mengirim kapal pengganti. Belum diketahui secara pasti pukul berapa kapal mengalami kerusakan di bagian mesin, hingga terdampar di pulau terpencil tersebut.

"Kapal terpaksa menyandar di pulau karena tidak bisa melanjutkan perjalanan akibat kerusakan pada mesin," ujar Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono, Kamis (10/1/2013).

Atas peristiwa ini, tambahnya, tidak ada korban jiwa. Namun, kepanikan tidak dipungkiri terjadi pada saat para penumpang mengetahui bahwa  kapal yang mengangkut penumpang ini mengetahui ada ketidak beresan terhadap kapal.

"Setelah informasi sampai ke Direktur Polair Polda Kepri (Kombes Yasin Kosasih-red), langsung memerintahkan anggota yang sedang berpatroli di sekitar perairan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut," terangnnya.

Setelah diketahui kebenaran informasi tersebut, kepolisian mengnformasikan langsung kepada pengelola Kapal Oceana II, untuk segera mengirim kapal pengganti.

"Setelah kapal penggati tiba, awak kapal dan seluruh penumpang kembali melanjutkan perjalanannya sekitar pukul 16.50 WIB menuju pelabuhan Harbour Bay, Batam," jelasnya.

Hartono juga mengimbau para pengelola jasa transportasi laut untuk lebih memperhatikan kenyamanan dan keselamatan masayarakat sebagai pengguna jasa trasnportasi laut.

"Sebelum berangkat, seharusnya pengelola mengecek betul kondisi mesin dan kelengkapan angkutan lainnya. Serta memperhatikan cuaca dan situasi laut. Ini demi kenyaman dan kemanan bersama," ujarnya.