Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rusia Juga Ingin Jadi Tuan Rumah F1 dan MotoGP
Oleh : dd/bln
Rabu | 09-01-2013 | 12:31 WIB
sirkuit_schi.jpg Honda-Batam
Prototipe Sirkuit Sochi di Rusia.

MOSKOW, batamtoday - Sirkuit Sochi yang merupakan sirkuit Formula 1 pertama di Rusia, dikabarkan ingin menjadi salah satu tuan rumah ajang balap motor terkemuka, MotoGP dan Superbikes.

Sirkuit yang didanai secara penuh oleh Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, ini sebelumnya dikabarkan akan menggelar F1 untuk pertama kalinya pada 2014. Sochi, yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Rusia ini, juga akan menjadi tempat diselenggarakannya pesta olahraga sedunia, Olimpiade, pada 2016.

"Konstruksi sirkuit ini sangat baik untuk dijadikan arena balapan. Dengan panjang 5.854 meter, sirkuit ini menjadi salah satu yang terpanjang di dunia. Kita juga berencana akan menggelar ajang balap motor sekelas Moto GP, Superbike, dan lainnya," kata panitia pelaksana Olimpiade Rusia, Alexander Bogdanov.

Seperti dilansir ESPNstar, sang arsitek, Hermann Tilke, mengatakan bahwa sirkuit ini sangat memungkinkan untuk menggelar berbagai ajang balap kelas dunia. Ia juga menegaskan bahwa sirkuit yang ia buat ini adalah salah satu sirkuit terbaik di dunia.

"Tidak ada keraguan sedikit pun jika sirkuit ini dijadikan arena balapan. Konstruksi dan fasilitas yang tersedia di sini sangat memadai," kata Hermann.

Sumber : Bolanews