Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Januari Angin Utara Selimuti Batam dan Sekitarnya

Kecepatan Puting Beliung di Batam Capai 35 Kilometer Per Jam
Oleh : ali/dd
Selasa | 08-01-2013 | 15:56 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam menyatakan angin puting beliung yang menerjang sejumlah kawasan di Batam kecepatannya mencapai 35 kilometer per jam.


"Sekarang sudah normal lagi," kata Phillip Mustamu, Kepala BMKG Batam saat dihubungi batamtoday, Selasa (8/1/2013).

Meski sudah reda, Phillip tetap menghimbau agar warga mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi dengan tiba-tiba. Dia juga memprediksikan pada Januari hingga Maret 2013 mendatang wilayah Kepri khususnya Batam akan diselimuti angin utara.

"Arah angin saat ini dari utara sampai timur laut dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam dan rata-rata 10 kilometer per jam. Namun tidak terjadi setiap hari, " terang Phillip.

Arah angin yang terjadi saat ini, menurutnya merupakan siklus tahunan yang akan berlangsung hingga akhir bulan Febuari - Maret mendatang. Namun, untuk daerah Kepri tidak memiliki musim bila terjadi hujan.

Sedangkan untuk gelombang, saat ini ketinggian gelombang untuk di sejumlah daerah di Kepri cukup tinggi, seperti di daerah Natuna dan Anambas ketinggian gelombang mencapai 1,2 sampai dengan 2 meter.

"Sedangkan untuk di daerah Bintan dan Batam yang merupakan daerah teluk tinggi gelombang maksimal mencapai 3/4 sampai dengan 1 meter,"  jelasnya.

Pihaknya penghimbau kepada nelayan atau pengguna jasa laut lainnya untuk berhati-hati.

Untuk diketahui, di musim Angin Utara sejumlah nelayan yang berada di daerah Berakit, dan sekitarnya di wilayah Bintan saat ini saat ini memilih tidak pergi melaut dikarenakan gelombang di perairan tersebut cukup tinggi.

Sejumlah nelayan lebih banyak memilih untuk memperbaiki jaring dan sejumlah alat tangkapnya. Dan juga ada yang beralih profesi menjadi buruh lepas dan menunggu ketinggian ombak kembali normal kembali.