Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tundukkan Sunderland, Liverpool Lanjutkan Tren Positif di Awal Tahun
Oleh : dd/goal
Kamis | 03-01-2013 | 08:42 WIB

LIVERPOOL, batamtoday - Liverpool kembali didampingi pelatih Brendan Rodgers yang absen kala anak-anak asuhnya membungkan Queens Park Rangers 3-0 karena terserang virus, Kamis (3/1/2013) dini hari.

Kehadiran Rodgers tampaknya menjadi pendorong semangat tersendiri bagi armada The Reds. Mereka kembali menampilkan permainan solid dan berhasil unggul dua gol sebelum laga menginjak 30 menit.

Gol pertama tuan rumah dilesakkan oleh Raheem Sterling di menit 19 setelah winger 18 tahun memanfaatkan umpan brilian dari Luis Suarez dan melesakkan bola tanpa mampu dihadang kiper Simon Mignolet. 1-0 Liverpool memimpin.

Sunderland sebenarnya bisa saja menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian menyusul kerja sama Steven Fletcher dan Stephane Sessegnon yang memberikan peluang kepada James McClean dari jarak dekat. Sayang, penyelesaian McClean belum sempurna sehingga keunggulan masih menjadi milik tuan rumah.

Sial bagi Sunderland, beberapa menit kemudian Liverpool justru menambah keunggulan. Kali ini melalui Suarez yang memanfaatkan umpan kapten Steven Gerrard sebelum melewati penjagaan Carlos Cuellar dan melepaskan tendangan ke pojok kiri bawah gawang.

Keunggulan 2-0 untuk Liverpool terus bertahan hingga turun minum.

Babak kedua


Dominasi tuan rumah kian terasa di babak kedua, di mana Suarez kembali memamerkan talenta briliannya dan menjadi mesin serangan Liverpool. Sementara itu, Martin O'Neill melakukan pergantian pemain pertama di dengan menurunkan Fraizer Campbell untuk menggantikan Sessegnon yang mengalami cedera di babak pertama.

Enam menit setelah babak kedua bergulir, Sterling menyia-nyiakan peluang emas menambah pundi-pundi gol setelah menerima passing fantastis dari Suarez. Sayangnya, tendangan Sterling masih melebar di sisi gawang.

Namun, beberapa saat setelah itu kerja sama Gerrard dan Suarez berhasil membawa Liverpool unggul tiga gol tanpa balas. Umpan terobosan Gerrard berhasil mengoyak pertahanan The Black Cats yang dengan mudah disambar striker Uruguay dari jarak dekat. Kedudukan 3-0 untuk tuan rumah.

Beberapa menit berselang, Mignolet melakukan aksi penyelamatan gemilang ketika tendangan voli Gerrard dari pojok kotak mengenai kepala Cuellar dan bola terlihat mengarah ke dalam gawang. Beruntung bagi Sunderland, Mignolet bereaksi cepat untuk menepis bola.

Mignolet kembali membuat kubu tuan rumah frustrasi setelah dirinya menggagalkan peluang Suarez yang menyambar umpan Joe Allen.

Liverpool terus melakukan rentetan serangan melalui Allen dan Suarez yang memaksa Mignolet bekerja keras menyelamatkan gawangnya. Allen nyaris membawa The Reds unggul 4-0 di penghujung laga jika saja tendangannya tidak membentur mistar gawang.

Meski demikian, skor 3-0 sudah cukup bagi Liverpool untuk merangkak ke peringkat delapan dengan raihan 31 poin.