Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Kasus Menonjol yang Jadi Atensi Polda Kepri di Tahun 2012
Oleh : ali/dd
Senin | 31-12-2012 | 18:08 WIB
planet-kaca-pecah.gif Honda-Batam
Kasus bentrokan di Hotel Planet Holiday yang menajdi salah satu atensi Polda Kepri pada 2012.

BATAM, batamtoday - Terjadinya peristiwa yang sempat memanas di Kepri khususnya Batam, Kapolda Kepri Brigjen Pol. Yotje Mende menegaskan akan menjadi atensi serta perhatian serius bagi instansinya.

Kasus-kasus tersebut dinyatakan Kapolda Kepri sebagai atensi yang terjadi sepanjang tahun 2012 diantaranya kasus bentrokan yang terjadi di Planet Holiday antar kelompok yang hampir menjurus ke arah SARA, terjadinya insiden Kapal APC Aussie yang menabrak Jembatan 6 Barelang, yang digolongkannya dalam bencana alam.

"Yang ketiga terjadinya konflik pembangunan rumah ibadah di beberapa daerah seperti di Batam dan Tanjungpinang. Hanya saja, tidak sampai menjurus serta sampai masuk ke masalah pidana," ujar Kapolda Kepri Brigjen Pol Yotje Mende Senin (31/12/2012) di ruang Rupatama Mapolda Kepri.

Selan ketiga kasus tersebut, Yotje juga mengatakan kasus Narkoba juga menjadi salah satu kasus yang menonjol sepanjang tahun 2012 telah terjadi kasus besar hanya dalam satu bulan di 2012.

Kasus0kasus narkoba yang paling besar terjadi di Kepri diantaranya, adanya penangkapan beberapa kurir yang berhasil diamankan beserta barang bukti ekstasi mencapai 48 ribu butir, penangkapan 4 ons sabu yang terjadi di Bandara Hang Nadim, serta kasus heroin seberat 3,4 kg di Tanjungpinang.

"Kasus narkoba berupa heroin, hasil dari Laboratorium Forensik Manes Polri di Medan sudah keluar dan terbukti positif merupakan heroin klas 2. Di mana untuk kategori heroin ini sebenarnya ada 3 jenis. Untuk kategori pertama memiliki ciri-ciri berwarna putih, kategori kedua berwarna putih agak kecoklatan, serta untuk nomor tiga berwarna coklat kehitam-hitaman," terangnya.

Selain itu, kasus menonjol lainnya d tahun 2012, yakni peristiwa kebakaran yang di ebabkan oleh salah seorang warga negara Singapura bernama Gerry bin Kasan yang terjadi di daerah Kampung Seraya, dan kasus perompakan tug boat HM Leo I di Selat Riau, yang berhasil diamankan oleh tim gabungan kepolisian.

Selain itu, Kapolda Kepri juga mengatakan kasus TKI ilegal, serta kasus Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal seperti kasus penimbunan solar bersubsidi serta kasus Gandasari yang menjadi perhatian publik.

"Termasuk kasus perizinan serta pengoperasian Taksi Blue Bird di Batam. Ini juga menjadi catatan bagi kami serta menjadi kasus menonjol selama kurun waktu 2012. Direncanakan, bulan Januari nanti akan diadakan rapat khusus dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemko Batam soal tersebut," tukasnya.