Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelas VIP dan VVIP di RSUD Embung Fatimah Diresmikan
Oleh : bert/kli/dd
Jum'at | 28-12-2012 | 14:50 WIB

BATAM, batamtoday - Delapan ruang inap pasien kelas VIP dan VVIP di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam diresmikan. Kehadiran ruangan untuk pasien kalangan menengah ke atas ini dibuat sebagai salah satu persyaratan menuju akreditasi B dari sebelumnya akreditasi C Plus, Jumat (28/12/2012).

Peresmian kelas VIP dan VVIP ini dilakukan oleh Sekretaris Ditjen Upaya Kesehatan Kemenkes RI drg Nursanti Andi didampingi oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta Kepala Dinas Kesehatan, Chandra Rizal dan Direktur RSUD Embung Fatimah, dr Fadila Malaragan.

Dalam kata sambutannya, Nursanti mengatakan kehadiran ruang kelas VIP dan VVIP ini merupakan salah satu langkah menuju RSUD Embung Fatimah untuk menaikkan akreditas. Sebab, peningkatan akreditas harus dibarengi dengan peningkatan layanan dan kapasitas pelayanan.

"Meskipun sudah ada kelas VIP dan VVIP di RSUD Batam ini belum sepenuhnya menjadi akreditas B, masih perlu beberapa persyaratan lain. Misalnya, tenaga medis khususnya kelengkapan dokter ahli dan pelayanan sub spesialis," katanya.

Sementara, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan Pemko Batam siap mendukung kemajuan RSUD Batam menuju akreditas B. Memang, perjuangan untuk menuju akreditas B ini memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, diharapkan dengan adanya ruangan VIP dan VVIP itu agar pelayanan semakin meningkat dan masyarakat Batam tak lagi harus berobat ke luar negeri.

"Meskipun secara bertahap, mudah-mudahan pelayanan di RSUD lebih meningkat dan masyarakat Batam tak lagi harus berobat ke luar negeri," tegasnya.

Untuk ruangan VIP dan VVIP, kata Fadilah sudah tersedia tempat tidur untuk penjaga, AC, kulkas, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Akan tetapi, Fadilah memastikan biaya untuk layanan VIP dan VVIP jauh lebih murah dibanding rumah sakit lain yang ada di Batam.

Menurutnya, delapan ruang VIP dan dua ruang VVIP itu memang dikhususkan untuk kalangan menengah ke atas. Namun, untuk layanan di RSUD Embung Fatimah tak perlu menggunakan deposit untuk melakukan perawatan. Sebab, RSUD Embung Fatimah tetap mengupayakan pelayanan yang prima.

"Tidak akan ada perbedaan layanan untuk pasien biasa dan VIP dan VVIP. Hanya saja, dikhususkan untuk pasien yang lebih membutuhkan kenyamanan tempat," tutup Fadilah.