Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengambilan e-KTP Tak Bisa Diwakilkan
Oleh : ali/dd
Kamis | 27-12-2012 | 16:05 WIB

BATAM, batamtoday - Pembagian e-KTP yang direncanakan akan dibagikan pada bulan Januari 2013 mendatang, tidak bisa diwakilkan. Pasalnya proses pengambilan mempergunakan sidik jari bersangkutan.


"Untuk pendistribusiannya nantinya, tidak melalui RT/RW. Karena masyarakat Kecamatan Batam Kota banyak datanya yang menumpang ditempat orang. Dan diharuskan untuk mengambil sendiri di kantor kecamatan. Jadi nanti kita akan minta kembali sidik jarinya bersangkutan untuk memastikannya kembali," ujar Camat Batam Kota Saiful Bahri, Kamis (27/12/2012).

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan batas waktu terakhir untuk melakukan perekaman pada hari Jum'at (28/12/2012) besok, Kantor Kecamatan Batam Kota kembali mulai diserbu maysarakat.

"Biasanya sepi, sudah mau ditutup baru kembali ramai. Kita lihat dulu kalau masih ramai sampai besok (Jum'at -red) melakukan perekaman dan belum selesai, kemungkinan akan kita buka pada hari Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Di tempat terpisah, hal senada juga disampaikan oleh Camat Nongsa John Hendri. Disampaikannya, untuk pembagian e-KTP yang telah dicetak direncanakan pada bulan Januari mendatang akan mulai didistribusikan.

"Nanti untuk mengambil e-KTP kita minta kembali sidik jarinya untuk disesuaikan," terangnya.

Berbeda dengan kantor Kecamatan Batam Kota yang diakhir jadwal perekaman dipadati dengan masyarakat, Kantor Camat Nongsa sepi dari perekaman e-EKP. Jumlah masyarakat yang sudah melakukan perekaman hingga 26 Desember kemaren sebanyak 71 orang sehingga total mencapai 27.865 jiwa atau 76,54 persen.

"Untuk selanjutnya apakah akan dilayani di kecamatan kita belum tahu. Cobak tanya langsung ke Disdukcapil saja," terangnya.