Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trigol Gareth Bale Benamkan Aston Villa
Oleh : dd/goal
Kamis | 27-12-2012 | 10:36 WIB

BIRMINGHAM, batamtoday -Tottenham Hotspur menggeser Everton dari slot terakhir zona Liga Champions seiring kemenangan telak 4-0 yang dibukukan di rumah Aston Villa pada laga Boxing Day, Rabu (26/12/2012) malam waktu setempat.

Setelah bermain imbang kacamata di paruh pertama, Lilywhites sukses menggelontorkan empat gol tanpa balas pascaistirahat. Gareth Bale menjadi bintang utama dengan mengepak hat-trick, menyusul torehan pembuka dari Jermaine Defoe.

Spurs mengantungi poin dan selisih gol serupa dengan Everton, tapi mereka lebih bagus dari The Toffees dalam jumlah memasukkan sehingga berhak menduduki posisi empat klasemen sementara.

Di lain pihak, Villa terus terbenam di papan bawah, tepatnya urutan ke-16. Dengan kekalahan besar dari Spurs, berarti laskar pimpinan Paul Lambert menderita selusin gol dalam dua laga terkini tanpa sekali pun bisa menggetarkan jala lawan. Sebelumnya mereka dipermak Chelsea 8-0.

Babak Pertama

Sejak pertandingan digelar, alur serangan langsung dikuasai Tottenham dengan dominasi ball possession yang amat kentara.

Rentetan peluang pun dihasilkan skuat Andre Villas-Boas. Namun, barisan pertahanan Villa plus ketangguhan kiper Brad Guzan di bawah mistar membuat kebanyakan upaya tersebut sia-sia.

Guzan, penjaga gawang Amerika Serikat, membuat dua penyelamatan gemilang dalam tempo dua menit (10’ dan 11’).  Pertama ia menggagalkan sepakan Kyle Walker dari luar area penalti, dan selanjutnya kembali percobaan jarak jauh, kali ini dari Gareth Bale, pupus oleh aksi Guzan.

Menit ke-19, Guzan kembali menunjukkan kewaspadaannya. Antisipasi sang kiper membuat aksi dribel Bale dari sektor tengah yang diakhiri umpan silang ke kotak penalti berakhir sia-sia.

Memasuki setengah jam pertandingan, Spurs kembali memperoleh kesempatan bagus melalui tandukan Emmanuel Adebayor menyambut tendangan penjuru Bale. Sayang, lagi-lagi upaya itu kandas. Guzan berada dalam posisi tepat untuk menangkap bola.

Menerapkan tekanan bertubi-tubi, tim tamu hampir kecolongan oleh sebuah serangan balik cepat The Villans. Karim El Ahmadi melepas umpan silang dari sisi kanan. Menyongsong di tiang jauh, Brett Holman menyambutnya dengan tendangan yang masih melenceng dari sasaran.

Selanjutnya, kembali giliran Spurs menebar ancaman melalui aksi sang sayap lincah Bale. Tetapi tembakan keras pemuda Wales itu lagi-lagi gagal membuahkan gol akibat penyelamatan Guzan.

Hingga paruh pertama berakhir, kedudukan di Villa Park masih imbang tanpa gol.

Babak Kedua


Sering digempur di paruh pertama, Aston Villa berusaha mengambil inisiatif serangan selepas interval. Peluang segera tercipta dua menit babak kedua berlangsung lewat tembakan Matthew Lowton yang sayangnya terlalu tinggi di atas mistar.

Menginjak menit ke-56, lagi Villa mendapatkan kesempatan. Bola matang dari Stephan Ireland diteruskan Christian Benteke dengan tendangan akurat ke gawang Tottenham, tapi usahanya dapat ditip Hugo Lloris dan hakim garis rupanya telah lebih dulu mengangkat bendera tanda off-side.

Di saat kubu tuan rumah tampak mulai menemukan momentum, justru Lilywhites yang belum terlalu ngotot menekan seperti di babak pertama berhasil membuka keunggulan.

Jermaine Defoe bertukar umpan dengan Bale, yang kemudian mengirim bola ke belakang menuju Kyle Naughton. Nama terakhir ini lantas langsung mengirim operan terobosan yang dieksekusi dengan sempurna oleh Defoe melewati sela-sela kaki Guzan.

Hanya tiga menit berselang, gawang Villa bobol untuk kali kedua. Berawal dari serangan berbahaya Villa yang berhasil dipatahkan, Spurs melesatkan counterattack kilat yang berujung dengan Bale terbebas sendirian. Sang speedster tanpa kesulitan mengelabui Guzan sebelum menceploskan bola ke gawang kosong.

Anak-anak asuh Paul Lambert gagal memberikan reaksi positif guna mengejar defisit 2-0. Mereka malah harus tertinggal makin jauh pada menit ke-73. Bale kembali mengukir nama di papan skor setelah cukup leluasa menerima umpan pendek Aaron Lennon dan melepas tendangan kencang dari dalam kotak penalti tanpa terbendung Guzan.

Enam menit sebelum waktu normal berakhir, Bale menambah lara Villa. Ia melengkapi hat-trick-nya melalui sontekan menyelesaikan umpan tarik Gylfi Sigurdsson. Trigol pertama bintang Wales itu buat Tottenham sekaligus mengunci kemenangan timnya 4-0.