Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amankan Perayaan Natal, Polda Kepri Turunkan Tim Jihandak ke Karimun
Oleh : khn/dd
Senin | 24-12-2012 | 16:55 WIB
polisi_jaga_gereja.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

KARIMUN, batamtoday - Untuk meningkatkan kenyamanan dan kekhusukan jemaat dalam merayakan Natal 2012, Polda Kepri menurunkan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari satuan Brigadir Mobil (Brimob) sebanyak 8 personil. Bahkan beberapa Polwan dari Polres Kerimun turut diterjunkan memeriksa barang bawaan para jemaat yang memasuki Gereja.

Kepada batamtoday, Senin (24/12/2012) Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Harry Purnomo di Gereja Katolik Santo Joeseph, yang terletak tepat di depan Polsek Tanjung Balai mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan yang datang dari luar. Baik yang datang dari jemaat maupun dari pengunjung yang tidak diundang lainnya.

"Kita berharap umat Kristiani dapat menjalankan ibadat dengan nyaman, jelang Natal dan Tahun Baru 2012 ini," ujarnya saat mendampingi Tim Jihandak ke setiap Gereja yang ada di Karimun.

Lebih jauh Harry menjelaskan setiap gereja yang ada di Karimun akan dijaga oleh 7 orang, selama 10 hari sejak tanggal 21 Desember 2012. Dari ke - 7 personil Polres Karimun itu, 3 diantaranya berpakaian preman.

"Kita juga melibatkan Kodim dan AL dalam proses pengamanan Natal dan Tahun Baru ini. Dan semoga iklim yang sudah kondusif ini tidak dikotori oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ujarnya mengakhiri.

Pantauan batamtoday, Polwan dari Polres Karimun memeriksa jemaat perempuan yang memasuki Gereja Katolik Santo Joeseph. Sedangkan Tim Jihandak sendiri menggunakan alat detektor, menyisir setiap sudut ruangan di Gereja Katolik Santo Joeseph tersebut.