Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Sebut Tak Ada Baku Tembak di Perairan Tanjung Sengkuang
Oleh : ali/dd
Jum'at | 21-12-2012 | 14:07 WIB
kapolda-ym.gif Honda-Batam
Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Yotje Mende.

BATAM, batamtoday - Terjadinya peristiwa baku tembak oleh petugas Bea dan Cukai dengan penyelundup di kawasan Tanjung Sengkuang, Batam beberapa waktu lalu, Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Yotje Mende mengatakan tidak ada terjadi baku tembak, melainkan hanya penembakan.


"Informasi yang saya terima tidak ada baku tembak, hanya  penembakan. Saya baru tahu kalau terjadi tembak menembak," ujar Yotje Mende usai memimpin gelar pasukan Operasi Seligi 2012 di lapangan Engku Putri Batam Center, Jumat (21/12/2012).

Menurutnya terjadinya pencegahan kepada penyelundup yang dilakukan petugas Bea dan Cukai tidak transparan. Pasalnya berdasarkan informasi yang diperolehnya pada saat kejadian, petugas BC yang melakukan penegahan di perairan Tanjung Sengkuang menggunakan penutup kepala, sehingga kemunginan besar terjadi perlawanan.

"Informasi yang diterima petugas BC memakai penutup kepala. Tapi saya sedang kroscek apakah benar atau tidak. Saya minta kepada Bea dan Cukai jika bertugas harus transparan jangan pakai sebo, apalagi sampa mengeluarkan penembakan. Tentunya terjadi perlawanan. Tapi saya baru tahu kalau terjadi perlawanan. Apabila informasi ini jelas, saya minta untuk menindak penyelundupan-penyelundupan ini jangan pakai sebo, karena kita ini petugas," tegasnya.

Meski demikian, Yotje mengatakan tidak akan ikut campur dalam peristiwa ini, karena penegahan penyelundupan mutlak menjadi wewenang petugas BC.