Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPK Minta Masyarakat Awasi Hasil Laporan Keuangan Pemprov, Pemkab dan Pemko se-Kepri
Oleh : chr/si
Jum'at | 21-12-2012 | 09:46 WIB
Hasan_Bisri.jpg Honda-Batam

Hasan Bisri, Wakil Ketua BPK RI

TANJUNGPINANG, batamtoday - BPK RI mengajak masyarakat di Kepulauan Riau (Kepri) mengawal hasil pemeriksaan terhadap laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) pemerintah provinsi Kepri maupun kabupaten/kota se-Kepri.



Hal itu disampaikan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hasan Bisri saat sosialisasi BPK RI di Hotel Aston, Tanjungpinang, Kamis (20/12/2012).

ampemangku kepentingan di Kepri serta mahasiswa untuk dapat ikut mengawal hasil pemeriksaan BPK RI, pada kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan BPK RI di Hotel Aston, Kamis (20/12).

"Kegiatan sosialisasi pemeriksaan BPK-RI bertujuan memberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi, dan kewenangan BPK RI dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan negara khususnya capaian audit berdasarkan kerja BPK RI," kata Hasan Bisri.

Sosialisasi ini, lanjutnya, juga memberi pemahaman terhadap persepsi pemeriksaan BPK dan tindaklanjutnya. "Sosialisasi ini juga bertujuaan untuk dapat memberikan pemahaman dan kenyamanan pada persepsi hasil pemeriksaan BPK RI dan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan yang diharapkan BPK dari entitas yang di periksanya," ujarnya.

Hasan berharap BPK mendapat masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kinerja BPK, serta dapat mensosialisasikan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh DPR-RI  dalam pengelolaan dan tanggung jawab keunagan negara.

"Sebab didalam konstitusi secara jelas mengatakan, hubungan BPK dengan DPR sangat erat, karena melalui produk yang dihasilkan oleh BPK berupa hasil pemeriksaan, DPR dan DPRD akan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam legislasi, budjeting dan pengawasan terhadap kinerja pemerintah, khususnya dalam pengelolaan keuangan negara," katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Asizyang membidangi keuangan dan perbankan DPR, yang juga hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, sesuai dengan tugas dan fungsi DPR, terhadaop implikasi opini BPK RI atas laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah sangat berguna dalam mengukur kinerja serta progran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, kami juga berharap, hubungan kelembagaan BPK RI dan DPR, serta pemangku kepentingan dapat mendukung kinerja masing-masing dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan," kata Harry, politisi Partai Golkar asal Kepri ini.