Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Tes Urine Bagi Kalangan Internal

Irjen Kemenkumham Evaluasi Jajarannya
Oleh : Andri Arianto
Senin | 14-03-2011 | 12:27 WIB

Batam, batamtoday - Inspketur Jenderal Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sam El Tobing melakukan evaluasi kerja terhadap jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten se-Sumatera di Hotel Amir, Jodoh, Batam, Senin 14 Maret 2011.

Evaluasi tersebut dilakukan menyikapi penanganan/tindak lanjut isu aktual yang diberitakan melalui media cetak dan elektronik menyangkut kinerja jajaran kementerian kumham RI, sesuai perintah lisan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, Patrialis Akbar kepada Inspektur Jenderal (Irjen) per tanggal 11 Maret 2011 lalu.

"Penekanan evaluasi terhadap pimpinan di jajaran kami seperti Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Unit Peklaksana Teknis (UPT)  Imigrasi dan Kepala UPT Pemasyarakatan," kata Sam El Tobing.

Tobing mengatakan dasar hukum evaluasi ini berdasarkan Instruksi Presiden RI No. 1/2011 per tanggal 17 Januari 2011 tentang percepatan penyelesaian kasus hukum dan penyimpangan pajak serta penuntasan kasus mafia hukum di Kementerian Hukum dan HAM.

Beberapa poin evaluasi secara umum diantaranya yakni melaksanakan proses penegakan hukum secara adil dan tidak diskriminatif terhadap pihak yang terlibat dalam kasus-kasus hukum. Selain itu, rutin melakukan penataan ulang terhadap organisasi atau lembaga masing-masing yang secara jelas pejabatnya terbukti melakukan penyimpangan atau pelanggaran penyalahgunaan wewenang.

Rapat berlangsung tertutup dan rencananya akan dilangsungkan tes urine bagi pejabat Kementerian Hukum dan HAM menyusul maraknya peredaran narkotika yang melibatkan oknum pegawai di lingkungan kementerian yang dikomandoi Patrialis Akbar,  siang ini di Hotel Amir.