Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekanan Darah Tinggi, Pembunuh Terbesar di Dunia
Oleh : dd/mdk
Sabtu | 15-12-2012 | 14:58 WIB

BATAM, batamtoday - Penyakit tekanan darah tinggi telah membunuh hampir sembilan juta orang di seluruh dunia pada tahun 2010, ungkap penelitian. Angka ini membuatnya menjadi penyakit paling mematikan.

Sementara itu, merokok dan alkohol adalah penyebab kedua dan ketiga kematian di seluruh dunia. Diikuti dengan tingginya body mass index (BMI) yang merangkak naik dari urutan sembilan ke urutan ke empat dalam 10 tahun.

Hasil ini diketahui peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 43 penelitian selama 20 tahun. Penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet ini dilakukan sebagai bagian Global Burden of Disease Study 2010.

"Secara umum kami melihat pertumbuhan faktor risiko yang berujung pada penyakit kronis pada orang dewasa, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes," ungkap Profesor Majid Ezzati dari Imperial College London, seperti dilansir oleh Daily Mail.

sejauh ini merokok, termasuk sebagai perokok pasif adalah faktor risiko terbesar di bagian barat Eropa dan negara-negara Amerika Utara. Rokok telah menyebabkan sekitar 6,3 juta orang meninggal di seluruh dunia pada tahun 2010.

Meski begitu Ezzati mengatakan bahwa masih ada kabar baik di balik penemuan ini. Masyarakat masih punya waktu untuk menurunkan risiko penyakit tersebut. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjalani gaya hidup sehat, dan meningkatkan kualitas kesehatan bagi negara-negara.