Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada, Kriminalitas Diprediksi Meningkat Jelang Natal dan Tahun Baru
Oleh : hz/dd
Kamis | 13-12-2012 | 14:50 WIB

BATAM, batamtoday - Kapolda Kepri, Brigjen Pol Yotje Mende memprediksi tingkat kejahatan bakal meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru 2013. Sehingga masyarakat Kepri diimbau untuk tetap waspada, terutama untuk mengantisipasi tindak kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat) dan perampokan.

Menurutnya, meningkatnya angka kriminalitas dimungkinkan karena kebutuhan masyarakat yang juga meningkat. Sebagai antisipasi, aparat kepolisiaan akan lebih meningkatkan operasi dan patroli untuk memantau keamanan dan ketertiban menjelang perayaan besar umat Nasrani ini .

"Peningkatan pengamanan ini termasuk dalam Operasi Lilin 2012, dimana pengamanan terhadap masyarakat lebih ditingkatkan dengan dilaksanakan patroli rutin ke tempat-tempat yang rawan terjadi tindakan kriminal," kata Yotje kepada batamtoday usai acara silaturahmi dengan FKUB Kepri di Hotel Planet Holiday, Kamis (13/12/2012).

Dijelaskan Yotje, nantinya yang menjadi sasaran operasi polisia adalah aksi premanisme, operasi curas (pencurian dengan kekerasan), dan curat (pencurian dengan pemberatan). Patroli yang dilakukan aparat tidak hanya menggunakan motor dan mobil patroli, namun juga dengan nomor panggilan siaga yang on-call selama 24 jam.

"Pengamanan yang kami berikan ada pengamanan terbuka dan tertutup demi terciptnya keamanan yang kondusif," terangnya.

Dihimbau kepada masyarakat yang berpergian meninggalkan rumah, untuk dapat memberitahukan kepada perangkat RT / RW. Nantinya melalui perangkat masyarakat itu dapat diteruskan kepada aparat kepolisian terdekat, yakni Polsek dan Polres.

"Dengan adanya masukan dari masyarakat, petugas dapat melakukan patroli ditempat-tempat yang dianggap rawan sehingga angka kriminal dapat ditekan," tegasnya.

Disinggung batamtoday tentang banyaknya kasus pencurian brankas dan perampokan yang terjadi di Batam akhir-akhir ini, Yotje menegaskan permasalahan ini menjadi prioritas jajarannya dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Mungkin tak semua pengungkapan yang diekspose pihak kepolisian, namun semua tindak kejahatan selalu menjadi atensi," pungkasnya.