Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Europa

Dinamo Kiev Tekuk Manchester City 2-0
Oleh : Hendra Zaimi
Jum'at | 11-03-2011 | 18:35 WIB
sheva.jpg Honda-Batam

Striker Dinamo Kiev, Andriy Shevchenko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City dalam leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Stadion Valeri Lobanovsky, Jumat, 11 Maret 2011 (Foto: Istimewa)

Kiev, batamtoday - Klub asal Ukraina, Dinamo Kiev berhasil membekuk tim tamu  Manchester City dengan skor 2-0 dalam pertandingan leg pertama Liga Europa, Jumat dini hari, 11 Maret 2011 di Stadion Valeri Lobanovsky.

 

Dua gol dari Andriy Shevchenko dan Oleg Gusev pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa ini menjadikan bekal sangat berharga Dinamo Kiev. Pada pertemuan berikutnya kedua tim akan bertemu di City of Manchester Stadium, kandang Manchester City pekan depan. 

Semenjak peluit babak pertama ditiupkan wasit F Meyer, Kiev rumah langsung menekan pertahanan City yang dikomandoi Micah Richards. Namun gol yang dinantikan oleh puluhan suporter tuan rumah baru tercipta pada menit 25.

Gol itu diciptakan oleh mantan striker AC Milan, Andriy Shevchenko yang berhasil memanfaatkan blunder dari pemain belakang City. Hanya berhadapan dengan kiper Joe Hart tanpa mengalami kesulitan baginya untuk menceploskan bola ke gawang lawan.

Ketinggalan 0-1 membuat pelatih City, Roberto Mancini menjadi gusar. Dia mencoba melakukan strategi lain agar anak buahnya dapat mengejar defisit gol yang telah dialami mereka. Tetapi usaha itu tak kunjung membuahkan hasil hingga masuk jeda turun minum. 

Selanjutnya memasuki babak kedua,  Mancini tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada formasi timnya. Namun pada menit 57, Mancini membuat perubahan dengan menarik Mario Balotelli. Mantan pemain Inter Milan ini kemudian digantikan oleh Carlos Tevez. 

Saat City sedang asyik menyerang, Kiev justru berhasil memperbesar lagi keunggulannya. Bola tendangan voli dari jarak 15 yard yang dilepaskan Gusev langsung mengalir deras ke sudut atas gawang City yang gagal diantisipasi Hart, skor 2-0 bagi Kiev bertahan sampai peluit akhir ditiup sang pengadil.

Susunan pemain:

Dinamo Kiev: Shovkovskiy, Danilo Silva, Khacheridi, Yussuf, Popov, Gusev, Vukojevic, Eremenko, Yarmolenko, Shevchenko (Ninkovic 87'), Milevskiy.

Man. City: Hart, Richards, Kompany, Lescott, Zabaleta, Yaya Toure, Barry, Kolarov (Wright-Philips 81'), Balotelli (Tevez 58'), Dzeko, Silva.