Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Bandara Letung Terus Digesa
Oleh : em/dd
Senin | 03-12-2012 | 08:05 WIB
Kadishub-Anambas-Erson-Gempa.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Anambas, Erson Gempa.

ANAMBAS, batamtoday - Setelah mendapat ijin Penetapan Lokasi (PL) dari Kementerian Perhubungan, pengerjaan Bandara Letung terus digesa. Dinas Perhubungan Pemkab Anambas berupaya semeksimal mungkin untuk mencapai target pengerjaan bandara, yang saat ini masih dalam tahap land clearing.


"Saat ini pihak kontraktor masih bekerja dalam penimbunan lahan untuk run way bandara. Kita akan tetap berupaya agar pembangunan bandara ini sesuai jadwal yang kita rencanakan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Anambas, Erson Gempa, kepada portal ini, Senin (3/12/2012).

Ditambahkan, setelah mendapat izin Penetapan Lokasi (PL), dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengajukan izin pembangunan ke Menteri Perhubungan. Dan setelah pembangunan rampung, Dinas Perhubungan Anambas masih harus mengurus izin operasional.

"Sebelum beroperasi, Bandara Letung harus memenuhi beberapa ijin, misalnya sebelum melaksanakan pembangunan terlebih dahulu harus ada Amdalnya. Setelah itu ijin pembangunan dan selesai mengerjakan pembangunan masih ada ijin yang diurus agar bisa beroperasi, ya harus mengurus ijin operasinal dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Pembangunan Bandara Letung, lanjut Erson, merupakan salah satu proyek multiyears karena pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan menggunakan dana APBD.

"Setiap tahun akan dianggarkan di APBD untuk pembangunan Bandara Letung ini, perkiraan kita anggaran yang habis hingga bandara tersebut beroperasi bisa mencapai Rp 30 miliar lebih," ucapnya.

Sementara pembangunan bandara berjalan, secara bertahap dinas perhubungan telah mempersiapkan tenaga yang nantinya bekerja di Bandara Letung.

"Selagi pembangunan bandara berjalan, kita juga mempersiapkan tenaga untuk bekerja di sana nantinya. Dalam persiapan tersebut, Dishub Anambas telah koordinasi dengan sekolah penerbangan di Medan dan di Curug, Tangerang. Pembiyaannya nanti kita koordinasi lagi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Anambas untuk memposkan anggaran pendidikannya," kata Erson.