Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anambas Dapat Tambahan Satu Mobil MPLIK
Oleh : emmi/si
Sabtu | 01-12-2012 | 12:07 WIB

ANAMBAS, batamtoday  - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mendapat tambahan satu unit MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan) atau layanan Internet Handphone dari Kementerian Komunikasi dan Informasi(Kominfo) agar masyarakat Anambas melek internet.



Mobil ini dirancang untuk menampung seluruh paket yang berisi VSAT (1,2 m), Notebook, server, UPS, DVD player, TV LCD, dan genset untuk menyediakan aliran listrik.

"Dalam waktu dekat kita akan mendapatkan satu lagi penambahan mobil internet atau MPLIK. MPLIK ini dapat melayani seluruh kabupaten dengan mobilitas terbatas," kata Kepala Dinas Kominfo Pemkab Anambas, Khairul Syahadat, Sabtu (1/12/2012).

Kharul Syahadat menambahkan, dalam MPLIK tersedia VSAT yang merupakan teknologi komunikasi satelit yang memungkinkan seluruh tempat untuk mendapatkan akses internet tanpa kecuali. VSAT ini adalah menyediakan bit rate 256 Kbps.

"Dalam mobil tersebut tersedia VSAT dengan kapasitas 256 Kbps dan nantinya akan dibagi setiap CPU yang ada didalam mobil. Setiap CPU masing-masing mendapatkan 51 Kbps. Hal ini mungkin tampak kecepatan lambat bagi penduduk kota, tapi ini sudah lumayan untuk pedesaan," katanya.

Khairul berharap dengan program ini, seluruh kecamatan dapat menikmati layanan internet tanpa ada batasan lagi dalam berselancar ke dunia maya.

"Mobil nantinya akan berpindah tempat dan kita akan susun jadwal dimana titik yang dianggap tepat dengan harapan seluruh masyarakat disekitar MPLIK tersebut dapat menikmati jaringan internet. Terutama bagi siswa-siswi agar dapat bersaing dalam dunia telekomunikasi kedepannya," kata Khairul.