Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Laga Terakhir Grup B

Garuda Siap Cabik-Cabik Harimau Malaya
Oleh : si
Sabtu | 01-12-2012 | 10:53 WIB

KUALALUMPUR, batamtoday - Malam ini, skuad Garuda akan menjalani laga terakhir Grup B menghadapi Harimau Malaya di Stadion Bukit Jalil, yang akan disiarkan langsung oleh RCTI pada pukul 19.15 WIB.



Kemenangan Indonesia membekuk Singapura pada pertandingan sebelumnya 1-0, diharapkan bisa terulang lagi pada pertandingan malam ini, meskipun Indonesia cukup bermain seri untuk mengkandaskan harapan Malaysia untuk maju ke semifinal. 
    
"Kami akan melihat dulu. Tapi kami tetap main dengan 4-4-2. Kami mungkin akan mengubah strategi, karena Malaysia memiliki karakter berbeda dari Singapura," kata Nil setelah sesi latihan kemarin.

Sedangkan Asisten pelatih Fabio Oliveira juga menyebut bahwa keunggulan Indonesia atas Malaysia adalah dari sisi kecepatan dan fisik. Dia menilai permainan dan komposisi Malaysia tak berubah dari dua tahun lalu.  Karena itu, Indonesia harus bisa memanfaatkan keunggulan di sektor kecepatan.
 
"Permainan mereka tidak berubah. Kenapa menang lawan Laos - Itu karena lawan terlalu percaya diri. Kami yakin bisa mengimbangi, atau bahkan menang atas mereka," ujar Fabio.
 
Dari dua pertandingan yang telah berlangsung, Tim Garuda besutan Nil Maizar, telah mengantongi 4 poin yang merupakan hasil dari sekali imbang lawan Laos dan menang atas Singapura.

Di pertandingan pembuka menghadapi Laos, Minggu (25/11/12), Indonesia bermain imbang 2-2. Di pertandingan kedua lawan Singapura, Tim Garuda mampu meredam gempuran para penggawa lini depan Tim Singa yang memiliki postur lebih besar dari rata-rata pemain Indonesia.

Klimaksnya, Andik Vermansyah yang baru dimainkan di babak kedua, berhasil membobol gawang yang dijaga Mohamad Izwan Bin Mahbud, lewat tendangan bebas dari jarak jauh, di menit ke-86 yang memastikan kemenangan Indonesia.

Sementara itu, Malaysia yang tampil di kandang sendiri dengan dukungan suporternya yang gemar meneriakkan seruan seperti menggonggong, tak berdaya menghadapi Singapura di laga perdana, Minggu (25/11/12).

Tim besutan Rajagobal itu, menyerah dengan skor telak 0-3, menyusul gol yang dilesakkan oleh Shahril Ishak di menit ke-31 dan ke-37, serta aksi Aleksandar Duric di menit ke-74.

Baru pada pertandingan kedua melawan Laos, Rabu (28/11/12), mereka bisa memetik poin penuh, berkat 4 gol yang dilesakkan Safiq Rahim, Safee Sali, Wan Zack dan Khyril Muhymeen. Sementara Laos hanya bisa memperkecil skor lewat penyelesaian Khonesavanh.