Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLN Batam akan Bantu Penerangan di 10 Pulau Terluar
Oleh : ron/dd
Kamis | 22-11-2012 | 16:31 WIB

BATAM, batamtoday - Sekretaris Bright PLN Batam Kurnia Rumdhony menyatakan PLN akan mensuplai listrik kepada 10 pulau terluar secara gratis melalui program CSR "Akademi Coklat dan Cahaya Nusantara"


"Nantinya kita akan memasang solar cell di pulau terluar. Kegiatan ini, bekerjasama dengan Akademi Maritim Indonesia dan Majelis Pusat Singapura," kata Dhony, panggilan akrabnya, disela-sela pameran dan seminar kelistrikan di Hotel Harmoni One, Kamis (22/11/2012).

Suplai listrik ke pulau terluar tersebut akan dilakukan secara bertahap. Awalnya akan disuplai di sepuluh pulau yang belum memiliki aliran listrik.

"Saat ini kita sedang melaksanakan survei di pulau-pulau mana saja yang akan diberikan bantuan. Kapasitas solar cell yang akan disampaikan sekitar 30 sampai 50 watt," katanya.

Adapun ketentuan pulau yang akan mendapatkan suplai listrik paling sedikit dihuni oleh 20 Kepala Keluarga guna membantu perekonomian masyarakat di sana. Selain itu, nantinya akan diberikan instalasi listrik berkualitas SNI.

"Selain itu kita juga akan membangun terminal pengisian listrik yang digerakan dengan menggunakan turbin. Turbin tersebut lanjutnya diperkirakan  membangkitkan daya listrik sebesar 500 Kilowatt," ungkapnya.