Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Memasak Gubal Diperlombakan di Desa Batu Berdaun
Oleh : jhr/dd
Rabu | 21-11-2012 | 14:40 WIB
masakan_gubal.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Masakan Gubal, jenis masakan khas Melayu.

LINGGA, batamtoday - Masyarakat Desa Batu Berdaun memiliki cara unik untuk merayakan Tahun Baru Hijriah 1434, yakni dengan memperlombakan memasak gubal, sebuah masakan khas Melayu.


Ferry Ekaputra, koordinator perlombaan mengatakan gubal merupakan makanan khas Melayu yang harus dilestarikan.

"Banyak generasi muda yang tidak tahu masakan ini, seiring dengan banyaknya makanan modern," kata Ferry, Rabu (21/11/2012).

Gubal merupakan makanan khas Melayu Lingga yang berbahan baku sagu. Tak banyak orang mampu membuat makanan ini, mengingat butuh kemampuan khusus.

Situs butz-is-the-real-me.blogspot.com menyebutkan gubal ini dibuat dengan campuran kelapa muda yang telah diparut sebelumnya sehingga menghasilkan rasa gurih dan mantap. Apalagi dimakan dengan 'gulai ikan' ala Melayu (berbeda dengan gulai masakan Padang) lengkap sudah menjadi sebuah kuliner yang mampu membuat penikmatnya menambah satu porsi lagi.

Biasanya gubal ini dipadupadankan dengan gulai ikan pari atau ikan hiu dengan kuah asam pedas yang tentu saja berpadu asik dengan gubalnya yang gurih, tapi kalau si ikan pari atau hiu-nya susah didapat, ikan lain pun bisa digunakan.

Untuk membuat gubal ini mengapa butuh keahlian khusus? Karena, jika teknik memasaknya tidak benar, ketahuan sekali pada hasil akhirnya yaitu, 'si gubal menjadi berdebu", alias kekeringan.

Paduan antara sagu dan kelapa muda haruslah seimbang, tidak hanya waktu mengaduknya di atas kuali, tapi juga harus disesuaikan dengan besarnya api dan kadar kelembaban saat memasak. Dengan begitu akan dihasikan gubal yang enak tentunya. 

"Kami senang dapat mengikuti lomba memasak gubal,karena hal ini sangat jarang dilakukan di dalam suatu kegiatan masyarakat, saya berharap kedepannya akan terus berlangsung dari tahun ketahun," kata Mila, seorang pemenang lomba memasak gubal.