Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rem Blong, Truk Pengangkut Tanah Terbalik di Depan SPBU Sei Harapan
Oleh : ron/dd
Jum'at | 16-11-2012 | 15:15 WIB

BATAM, batamtoday - Truk sarat muatan tanah BP 9770 GX terbalik di depan SPBU Sekupang pasa Jumat (16/11/2012) siang. Penyebab kecelakaan tunggal tersebut akibat rem truk mengalami kerusakan alias blong.


Siang itu, truk bermuatan tanah yang dikendarai oleh Sairin melintas dari arah gedung beringin menuju ke Tiban. Alur jalan yang menurun tidak disadari akan menimbulkan kecelakaan. Ketika dekat ke simpang jalan raya tiba-tiba rem kendaraan tidak berfungsi dengan baik.

Untuk menghindari kecelakaan, Sairin banting stir hingga truknya terbalik dan tanah yang dimuat berserakan di tengah jalan.

"Rem blong, kalau saya tidak banting setir ke kiri, akan menabrak sepeda motor yang sedang lewat di depan," ungkap Sairin kepada wartawan di tempat kejadian sambil mencoba untuk mengumpulkan tanah-tanah yang sudah berserakan.

Selain itu, tampak kaca truk sudah pecah dan terlepas. Untung saja, tidak ada korban akibat kecelakaan yang memacetkan arus lalulintas disana.

"Saya nggak ada luka," ungkapnya.

Sementara itu, Tono, salah satu pengendara sepeda motor yang sedang lewat mengaku kaget karena tiba-tiba truk di depannya terbalik. Terdengar suara benturan yang keras dan membuatnya harus menghentikan laju motornya.

"Saya pas di belakang. Tiba-tiba truknya terbalik, dengar-dengar karena rem blong," kata Tono.

Hingga berita ini diunggah, truk masuk dalam keadaan terbaik menunggu bantuan. Sedangkan sang sopir masih berusaha mengumpulkan tanah.