Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Infrastruktur Perkuliahan Tak Kunjung Terwujud

Puluhan Dosen dan Mahasiswa FIKP UMRAH Gelar Unjuk Rasa
Oleh : ah/dd
Kamis | 08-11-2012 | 16:35 WIB
demo-umrah.jpg Honda-Batam
Sejumlah mahasiswa dan dosen FIKP UMRAH saat menggelar unjuk rasa.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Puluhan dosen di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menggelar aksi unjuk rasa di kampus mereka karena tak kunjung diberi kelengkapan infrastruktur perkuliahan oleh dekan, Kamis (8/11/2012).


Muhammad Chandra, salah satu dosen di FIKP UMRAH mengungkapkan selama tahun 2012 ini dirinya bersama dosen lainnya dan mahasiswa tidak pernah mendapatkan infrastruktur yang dijanjikan oleh Dekan FIKP, Abdul Malik.

Sejumlah infrastruktur yang tidak diberikan itu antara lain ruangan, maupun pendukung perkuliahan seperti pendingin ruangan dan lainnya.

"Padahal itu sudah dijanjikan dan dekan selama ini tak transparan," kata dia.

Dosen juga mempertanyakan kinerja dekan yang selama ini tidak pernah membangun komunikasi dengan pengajar maupun mahasiswa.

Sementara itu, Abdul Malik yang dikonfirmasi menyebutkan bahwa tindakan dosen dan mahasiswa menggelar unjuk rasa itu bentuk kesalahpahaman. Menurutnya, pihak kampus sedang melakukan pelelanganpengadaan infrastruktur itu.

"Kita sudah pesan dan pelelangan untuk fasilitas dosen tinggal menunggu pemenang tender dan demo ini terkesan diprovokasi, sebab prosedur yang berlaku, sebenarnya adalah dimana pihak Dosen mengajukan kepada Rektor, lalu ditembuskan ke Dekan, lalu dekan menanandatanganinya, agar tidak ada tuntutan di kemudian hari," bantahnya.

Aksi unjuk rasa itu kemudian bubar setelah Abdul Malik memenuhi tuntutan para dosen dan mahasiswa seraya meminta sejumlah mahasiswa  yang berdemo agar kembali mengikuti ujian tengah semester (UTS) yang saat itu sedang berlangsung.