Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arusukmono Resmi Jabat Komandan Guskamlabar
Oleh : hz/dd
Kamis | 08-11-2012 | 11:10 WIB
salam-komando.gif Honda-Batam
Salam komando Kolonel Laut (P) Arusukmono  dengan Laksamana Pertama TNI Pranyoto usai serah terima jabatan Komandan Guskamlabar.

BATAM, batamtoday - Kolonel Laut (P) Arusukmono IS resmi menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Barat (Guskamlabar) menggantikan Laksamana Pertama TNI Pranyoto SPi, dalam sertijab yang dikukuhkan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Sadiman SE di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kamis (8/11/2012).


Dalam amanatnya, Pangarmabar mengatakan Guskamlabar memegang beberapa peranan penting dalam terselenggaranya tugas-tugas operasional penegakan hukum di laut wilayah yurisdiksi nasional khususnya kawasan barat Indonesia dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan laut.

"Ada lima tugas pokok yang harus dilaksanakan dalam mengemban tugas sehari-hari," kata Sadiman.

Pertama, bina dan pimpin kesatuan dengan penuh keikhlasan. Kedua, laksanakan tugas secara profesional dan jalin komunikasi secara baik sesama instansi. Ketiga, amankan yuridiksi keamanan laut dan tindak tegas pelaku pelanggaran. Keempat, hindari sikap arogansi dalam memutuskan suatu permasalah dan kelima, junjung tinggi hukum untuk mewujudkan suasana damai.

Di akhir amanatnya Pangarmabar mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Laksamana Pertama TNI Pranyoto SPi atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Guskamlabar, keberhasilan ini telah memberikan andil besar bagi kemajuan Koarmabar.

Kepada Kolonel Laut (P) Arusukmono IS, Pangarmabar mengucapkan selamat bertugas sebagai Komandan Guskamlabar yang baru, manfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan potensi diri dan meraih prestasi, bina serta pimpinlah jajaran Guskamlabar dengan penuh semangat, penuh motivasi dan inovasi yang tinggi.

Upacara sertijab tersebut dihadiri unsur Muspida Kepulauan Riau, para Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut, serta diikuti segenap Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil di jajaran Guskamlabar.