Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Limbah Sludge Oil Cemari Teluk Mata Ikan
Oleh : ali/dd
Selasa | 06-11-2012 | 13:01 WIB
sludge-oli-tmi.gif Honda-Batam
Pantai Teluk Mata Ikan yang tercemar limbah sludge oil.

BATAM, batamtoday - Sepanjang pantai Teluk Mata Ikan, Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa dipenuhi limbah jenis sludge oil sejak dua minggu lalu.


Brigjen Pol. (Purn.) Drs E.H Alagan, Konsultan Bidang Bimbingan Personil RCC (Regional Coordinating Center) MRCC dan GS (Groun Stasion) Bakorkamla mengatakan, pihaknya sudah menyelidiki bersama instansi terkait selama sepekan adanya limbah B3 yang diduga berasal dari galangan kapal itu.

"Masih kita selidiki, belum kita temukan (pelaku pembuangan-red.). Dengan adanya kejadian ini masih kita cari tahu asal limbah ini bersama dengan pihak Bapedalda, cuma belum ada hasil," jelasnya, Selasa (6/11/2012) usai penyerahan bantuan life jacket kepada 65 nelayan setempat.

Alagan belum dapat memastikan limbah jenis sludge oil ini berasal dari mana karena sampai saat ini pihaknya bersama instansi terkait masih melakukan penyelidikan.

"Tapi banyak kemungkinan berasal dari kapal besar yang melintas, bahkan bisa saja berasal dari galangan kapal yang beraktivitas di sekitar lokasi ini," ucapnya.

Pada 2007 lalu, dirinya pernah mendapat laporan serupa mengenai pencemaran laut ini. Saat itu pencemaran sludge oil terjadi hingga ke Bintan.

Pantauan di lokasi, sepanjang bibir pantai di laut kawasan Teluk Mata Ikan tanpa keruh diselimuti oli. Tumpukan rumput laut dan sampah-sampah yang sudah berbaur dengan oli juga terlihat menambah tidak sedapnya pemandangan.