Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilwako Tanjungpinang 2012

Gubernur dan Wagub Kepri Harapkan Partisipasi Penuh Masyarakat
Oleh : chr/dd
Rabu | 31-10-2012 | 12:54 WIB
tps-sepi.jpg Honda-Batam
Suasana salah satu TPS yang sepi akibat hujan yang mengguyur Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Gubernur HM Sani dan Wagub Soerya Respationo mengharapkan partisipasi penuh masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang yang digelar Rabu (31/10/2012).


Hal itu dikatakan Sani dan Soerya saat mengunjungi TPS 66 Kampung Cempedak, Kelurahan Kampung Baru.

"Partisipasi masyarakat sangat diharapkan," kata Sani yang juga melakukan pencoblosan di TPS tersebut.

Usai mencoblos, Sani didampingi Soerya juga melakukan pemantauan ke sejumlah TPS lainnya, seperti Kaca Puri maupun Pelantar I, II dan III.

Usai melakukan pemantauan, Soerya mengatakan dari hasil monitoring dan tinjauan yang dilakukan ke beberapa TPS, belum ditemukan adanya kendala yang berarti. 

Sedangkan partisipasi masyarakat sendiri dalam melakukan pencoblosan, hingga pukul 10.00 WIB masih berkisar antara 40 hingga 50 persen dari jumlah pemilih yang ada pada masing-masing TPS.

Sementara itu, pelaksanaan pemungutan suara dibarengi dengan hujan lebat dan suara petir menggelegar. Kendati pada pagi hari sebelumnya cuaca terlihat sangat cerah, namun beranjak siang hujan lebat disertai petir melanda kota Tanjungpinang.

Dari pantauan batamtoday, kendati hujan tidak terlalu merata dan hanya mengguyur dua kecamatan yakni Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestari atau dari Km 4 Pamedan ke Km 15 jalan Tanjung Uban dan Kijang, namun tetap mempengaruhi niat warga dalam melakukan pencoblosan di TPS-TPS yang sudah tersedia.

Ina, salah seorang warga Jalan Hanjoyo Putro Km IX, mengaku kalau kondisi cuaca tetap hujan, dirinya dan keluarga, belum mendatangi TPS, untuk menyalurkan Hak pilih-nya.

"Dari tadi mau Nyoblos ke TPS dekat Jalan, tapi mau hujan, kalau hujan gini, pasti banyak yang nggak datang dan nyoblos ini,"ujar Ina.

Sepinya pengunjung dan partisipasi masyarakat akibat hujan yang melanda juga terlihat di sejumlah TPS yang ada di Tanjungpinang. Di TPS 143 SMP 10 Jalan Kuantan dari jumlah 407 Daftar Pemilih Tetap, baru hanya 200 orang yang melakukan pencoblosan di TPS tersebut.

Ketua KPPS TPS 143 Ricky mengatakan, dari total 407 Daftar Pemilih, pihaknya sebelumnya telah membagikan, 334 Kartu Undangan dan Kartu Pemilih, namun hingga pukul 12.00 Wib, pelaksanaan pencoblosan baru dilakukan 200 warga.

"Kita masih menunggu terus hingga pukul 13.00 WIB penutupan pelaksanaan pencoblosan, inin mungkin karena hujan, tapi kita bersyukur, hingga siang ini sudah 200 warga yang melakukan pencoblosan," ujarnya pada batamtoday.