Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Insiden Penyerangan BC

Aries: Kami Masih Cari Penggerak Massa
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 05-03-2011 | 10:42 WIB
Aries_Andhi.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Aries Andhi

Batam, batamtoday - Satuan Reskrim Polresta Barelang sedang mempelajari hasil pemeriksaan dari kasus penyerangan petugas Bea dan Cukai (BC) Batam. Saat ini polisi telah memeriksa dua belah pihak yang terlibat dalam insiden kemarin, baik itu dari petugas BC Batam maupun pihak massa Haji Tayib.

"Kita lagi pelajari hasil pemeriksaan, bahwa siapa sebenarnya penggerak massa," kata Kompol Aries Andhi, Kasat Reskrim Polresta Barelang kepada batamtoday, Sabtu, 5 Maret 2011 di ruang kerjanya.

Aries mengatakan, pemberitaan media massa selama ini bahwa penggerak massa dalam insiden penyerangan petugas BC adalah Haji Tayib, setelah melakukan pemeriksaan dan hasil dari keterangan dari yang bersangkutan, tidak benar massa bergerak atas perintahnya.

"Haji Tayib itu cuma pemilik kapal, bukan pemilik barang. Penggerak massa itu dari pemilik barang," jelas Aries.

Selain pemeriksaan dari pihak massa, hasil keterangan dari petugas BC Batam masih terus dipelajari tim dari Satuan Reskrim. Bagaimana standar kelengkapan BC Batam sebelum turun melakukan penangkapan mulai dari sebelum berangkat sampai dengan penangkapan apakah sudah sesuai prosedur masih dipelajari polisi.

"Apakah kondisi saat insiden kemarin petugas BC boleh menggunakan Senpi, itu yang kita pelajari lagi," terangnya.

Hasil pemeriksaan lain, polisi sudah mendapatkan keterangan dari kronologis di tempat kejadian perkara (TKP) pada saat terjadi insiden, serta total kerugian yang dialami oleh Pihak BC Batam.

"Masih terus kita pelajari, belum ada penetapan tersangka," pungkas Aries.