Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Obat Diabetes Sembuhkan Kecanduan Narkoba
Oleh : dd/mdk
Sabtu | 27-10-2012 | 13:00 WIB

CALIFORNIA, batamtoday - Para peneliti Amerika menemukan bahwa salah satu jenis obat diabetes tipe 2 dapat menyembuhkan kecanduan obat-obatan, termasuk kokain. Temuan ini telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Molecular Psychiatry.


Exendin-4, yang terdaftar dalam Food and Drug Administration (FDA), merupakan obat diabetes tipe 2, yang dipercaya dapat menyembuhkan kecanduan narkoba. Suntikan exenatide biasanya digunakan dua kali dalam sehari.

"Pengobatan diabetes tampaknya memiliki pengaruh terhadap beberapa jenis kecanduan narkoba," kata Gregg Stanwood, asisten profesor farmakologi di Vanderbilt Kennedy Center dan Vanderbilt Brain Institute, sebagaimana dilansir Thirdage, pekan ini.

Untuk membuktikannya, Devon Graham, peneliti utama dalam studi ini, menyuntikkan Exendin-4 kepada hewan lab dan mengamati pengaruhnya terhadap efek kecanduan kokain. Peneliti melaporkan bahwa tidak ada efek samping atau kecanduan Exendin-4 selama penelitian berlangsung. 

Temuan ini memberi secercah harapan bagi para pecandu narkoba untuk menyembuhkan ketergantungan mereka terhadap obat-obatan terlarang tersebut. Selain pengobatan medis, pecandu narkoba juga memerlukan dukungan sosial untuk memulihkan kondisi psikologis mereka.