Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petugas Imgirasi Batam Kongkalikong dengan Calo Paspor
Oleh : ali/dd
Jum'at | 26-10-2012 | 15:44 WIB

BATAM, batamtoday - Persengkokolan antara petugas di Kantor Imigrasi Batam dan para calo paspor sudah tidak terpisahkan. Sehingga praktek persekokngkolan ini membuat warga yang melakukan pengurusan secara antri sangat dirugikan. Pasalnya, petugas Imigrasi lebih mendahulukan kepentingan calo dari pada pengurusan secara pribadi atau langsung.


Pengamatan batamtoday di Kantor Imgrasi Batam, Kamis (25/10/2012) calo paspor tidak hanya ditemukan di ruang antrian atau ruang tunggu, akan tetapi para calo ini dengan mudah masuk ke dalam berbagai ruangan di Kantor Imigrasi Batam.

Bahkan, antara calo dan petugas Imigrasi yang sudah saling berkoordinasi dengan petugas maupun pejabat Imigrasi, sehingga dari koordinasi keduanya lebih mempermudahkan para calo ini masuk ke ruang tunggu pemotretan dan wawancara untuk mengatur para pelanggannya yang hendak melakukan pemotretan dan wawancara.

Lestari, wanita yang mengurus paspornya tanpa menggunakan jasa calo, terpaksa harus menunggu berjam-jam lamanya untuk proses pembuatan paspor. Padahal menurutnya, para calon pemilik paspor tidak secara keseluruhan dipanggil oleh petugas berdasarkan nomor antrian. Namun lebih didahulukan berdasarkan nama.

"Sudah dua jam saya menunggu disini tapi tidak juga dipanggil, tapi  banyak yang baru datang langsung dipanggil berdasarkan nama. Jadi tidak ada fungsinya nomor antrian," ujarnya.

Penggunaan nomor antrian seakan tidak berfungsi saat pelaksanaan pemotretan dan wawancara. Hal ini dikarenakan, di sela-sela antrian, petugas Imigrasi memanfaatkan waktu untuk mendahulukan para pelanggan calo-calo. Suasana Kantor Imigrasi Batam tak ubahnya sudah seperti pasar basah.

Tentunya hal ini sangat disayangkan oleh para calon pemilik paspor yang melakukan pengurusan secara langsung mengikuti prosedur. Dengan banyaknya calo di Imigrasi Batam, menimbulkan kesan bahwa pihak Imigrasi melakukan persengkongkolan dengan calo.

Padahal, kantor Imgrasi Batam telah  memajang beberapa stiker bertuliskan larangan menggunakan jasa calo dan papan iklan di samping kantor imigrasi bertuliskan stop KKN.  Namun, sepertinya hanya sebagai simbol untuk menutupi aksi kongkalikong petugas dengan calo.