Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kedatangan Turis Asing ke Batam Naik 5 Persen
Oleh : ypn/dd
Rabu | 24-10-2012 | 15:20 WIB
yusfa.jpg Honda-Batam
Yusfa Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Tingkat kunjungan turis asing ke Batam sepanjang Januari-Agustus 2012 tercatat mengalami peningkatan sebesar 5.03% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Yusfa Hendri, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam mengungkapkan, jumlah kedatangan turis asing ke Batam mengalami tren positif.

"Tingkat kunjungan wisatawan asing ke Batam mengalami peningkatan rata-rata 5,03% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," katanya, Rabu (24/10/2010).

Pada Januari-Agustus 2012, jumlah kedatangan turis asing ke Batam sebanyak 782.685 orang, sedangkan di periode yang sama pada 2011 sebanyak 745.200.

Jumlah turis itu relatif masih berasal dari negara yang sama dengan tahun lalu. Yakni terbanyak dari Singapura, diikuti Malaysia, Korea Selatan, Philipina, India, Cina dan Jepang.

"Sesuai dengan target market kita, yaitu wisatawan dari negara-negara di Asia," sambungnya.

Yusfa meyakini tren positif itu akan berlanjut hingga akhir tahun ini sehingga target kunjungan 1,2 juta turis asing ke Batam pada 2012 akan tercapai.

Optimisme itu didukung dengan penyelenggaraan berbagai event yang bersifat massal yang akan digelar Disparbud Batam pada bulan ini hingga akhir tahun.

Seperti diadakannya Festival Idul Adha pada 25-27 Oktober, dilanjutkan dengan Indonesian Chinesse Culture Festival pada awal November dan Batam International Sea Eagle Boat Race pada pertengahan bulan itu.

Kemudian penyelenggaraan event 2nd Batam Great Sale pada awal Desember, Batam Night Parade dan Tour D'Barelang pada pertengahan Desember serta Kenduri Seni Melayu pada akhir tahun sekaligus merayakan Hari Jadi Kota Batam ke-183 yang jatuh pada 18 Desember.

Raseno Arya, Kasubdit Promosi Wilayah Sumatera Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan, pada tahun ini kementerian menargetkan jumlah kedatangan turis asing ke Indonesia sebanyak 8 juta orang.

Untuk merealisasikan target itu, kementerian mendukung berbagai upaya pemda menyelenggarakan event-event yang bersifat massal, khususnya di daerah-daerah perbatasan.

Dukungan terhadap event-event bersifat massal itu sebagai salah satu upaya kementerian menggenjot kunjungan turis asing ke Indonesia karena dinilai cukup efektif menyedot animo turis.

Pada semester I/2012, ungkapnya, tingkat kunjungan turis asing ke Indonesia sudah mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.