Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mensesneg Prasetyo Hadi Pastikan Prabowo Bakal Teken Aturan Pindah Ibu Kota ke IKN
Oleh : Redaksi
Minggu | 27-10-2024 | 14:04 WIB
prasetyo_hadi.jpg Honda-Batam
Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi (Foto; Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi memastikan Presiden Prabowo Subianto bakal meneken Keputusan Presiden soal perpindahan ibu kota. Seperti diketahui, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur benar-benar jadi ibu kota baru bila Keputusan Presiden sudah diteken kepala negara.

Prasetyo mengatakan Prabowo akan meneken beleid tersebut bila semua hal sudah siap di IKN. Namun, dia enggan bicara standar kesiapan yang diinginkan Prabowo seperti apa.

"Ya nanti kita lihat, kita pelajari. Begitu semua sudah ready, semua siap, beliau yang akan tanda tangan," ujar Prasetyo kepada wartawan di depan Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

Prasetyo juga mengatakan Prabowo ada rencana untuk mengajak para menterinya ke IKN, namun sampai sekarang rencana itu belum ada terjadwal.

Apabila Prabowo mau ke IKN bersama para menterinya pun, nampaknya hal itu tidak akan dilakukan secara berbondong-bondong. Mungkin hanya beberapa kementerian kunci yang melakukan pembangunan yang diajak.

"Saya rasa tidak perlu semuanya berbondong-bondong kalau hanya sekedar menengok ke sana kan. Mungkin kalau ke sana beberapa kementerian kunci kan begitu. Menteri PU, Menteri Infrastruktur, Menteri Keuangan, jadi nggak usah ramai-ramai," sebut Prasetyo.

Sebelumnya terungkap, Prabowo juga menargetkan pembangunan IKN bakal dilakukan selama 4 tahun ke depan. Menurut Prasetyo target selama 4 tahun itu akan mengejar agar pembangunan semua fungsi trias politika bisa diselenggarakan di IKN. Mulai dari jajaran eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

"Kalau tadi disampaikan 3-4 tahun, itu adalah target beliau yang harus selesai semua infrastruktur supaya bisa dipergunakan baik oleh eksekutif, yudikatif, dan legislatif," tutur Prasetyo.

Dia enggan bicara strategi apa yang mau dilakukan Prabowo untuk membangun IKN, Prasetyo cuma bilang pembangunan IKN akan dilakukan secepat-cepatnya.

"Pokoknya, semua program-program prioritas dalam waktu cepat harus segera dikerjakan," beber Prasetyo.

Editor: Surya