Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Penerima Gelar Sarjana Muda Tertua di Universitas Kebangsaan Malaysia
Oleh : M/Berita Harian
Rabu | 24-10-2012 | 10:03 WIB
Nenek_Penerima_Sarjana.jpg Honda-Batam
Rayah Abd Ghani dikelilingi anak dan cucunya, foto:Berita Harian

BANGI, batamtoday - Seorang nenek berusia 74 tahun menjadi pusat perhatian saat Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) menggelar Wisuda tadi malam, Selasa(23/10/2012). Pasalnya, nenek bernama lengkap Rayah Abd Ghani yang kini memiliki 10 cucu, didaulat menjadi penerima gelar Sarjana Muda paling tua di UKM.


Ia dianggap telah lulus setelah mengenyam pendidikan sejak 2008. Unik memang, mengingat Rayah kini sudah terlihat tua renta, namun semangatnya untuk terus mengenyam pendidikan membuat takjub sejumlah petinggi UKM. 

"Memang cita-cita saya sejak muda adalah menggenggam segulung ijazah, namun ketika itu tidak ada peluang. Saya terikat dengan pekerjaan dan keluarga. Namun saat ditawarkan untuk melanjutkan kuliah di UKM meski saat itu usia saya sudah 70 tahun, saya tidak berfikir panjang dan lansung menerima tawaran tersebut," kata Rayah Abd Ghani dikutip dari Berita Harian, Rabu(24/10/2012).

Diceritakan Rayah, semua yang didapat hingga saat ini termasuk gelar dari Universitas Kebangsaan Malaysia adalah berkat dukungan seluruh keluarganya. Termasuk anak-anaknya yang secara bergantian mengantarkan kuliah selama ini.

"Jika dulu saat anak-anak saya berusia tujuh tahun, saya yang mengantarkan mereka ke sekolah, kini terbalik, mereka yang rajin mengantarkan saya kuliah, hingga menerima gelar ini," kata perempuan yang kini menetap di Seremban, Negeri Sembilan itu. 

Rayah kini menjadi buah-bibir di Malaysia. Sejumlah media ternama memampang foto dan namanya. Ia menjadi contoh betapa semangat untuk belajar memang benar-benar tak mengenal waktu.