Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasetpres Heru Budi Ungkap Rincian Kesiapan Pelantikan Presiden dan Wapres 2024-2029
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-10-2024 | 16:04 WIB
Kasetpres-Heru.jpg Honda-Batam
Kasetpres, Heru Budi Hartono. (Setkab RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, mengonfirmasi kesiapan rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029. Acara pengambilan sumpah akan dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

Heru menjelaskan, persiapan telah dimulai, termasuk kedatangan tamu negara yang dijadwalkan mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, serta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Kami masih memfinalisasi data tamu negara yang akan tiba di Halim dan Soetta. Data lengkap akan kami sampaikan sore ini atau besok pagi," ujar Heru pada Jumat (18/10/2024), demikian dikutip laman Setkab RI.

Saat kedatangan para kepala negara atau perwakilannya, akan diadakan prosesi kehormatan dengan pasukan jajar kehormatan dan musik korps. Selain itu, pemerintah bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta menyiapkan video sambutan kedatangan tamu negara, yang akan ditampilkan di videotron berbagai titik di ibu kota.

"Pemutaran video di LED videotron seluruh Jakarta akan dimulai tanggal 19 Oktober, memperlihatkan rangkaian kedatangan tamu dari Halim dan Soetta," tambahnya.

Dalam rangka memeriahkan pelantikan pada 20 Oktober, Pemda DKI Jakarta juga akan menggelar panggung hiburan untuk masyarakat di kawasan Sudirman-Thamrin. Acara akan berlangsung dari pukul 11.00 WIB hingga tibanya Presiden terpilih di Istana.

"Masyarakat diundang untuk menikmati hiburan, dengan doorprize juga disiapkan," kata Heru.

Pelantikan ini akan diakhiri dengan jamuan kenegaraan yang dipimpin oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dengan tamu negara dan utusan khusus dijadwalkan hadir. "Malam harinya, Presiden terpilih Bapak Prabowo akan menjamu sebagian tamu negara di Istana," tutup Heru.

Editor: Gokli