Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Pastikan Kesiapan Pengamanan dan Pengawalan Rute Pelantikan Presiden
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-10-2024 | 13:04 WIB
Kapolri-Listyo1.jpg Honda-Batam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan Polri siap mengamankan dan mengawal rute lalu lintas untuk pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Pernyataan ini disampaikan Kapolri usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Monas, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Menurut Jenderal Sigit, rute-rute yang akan dilalui oleh kendaraan VVIP menuju Gedung DPR/MPR telah diamankan. Ia juga mencatat adanya informasi bahwa masyarakat akan menyambut presiden baru di beberapa titik jalur pelantikan.

"Kami mendapat informasi bahwa masyarakat akan ikut menyambut di titik keberangkatan menuju Gedung DPR/MPR dan sebaliknya. Ini tentu menjadi perhatian kami untuk memastikan keamanan dan kelancaran," ujar Kapolri, demikian dikutip laman Humas Polri.

Kapolri juga mengimbau masyarakat yang ingin menyambut pelantikan agar tetap tertib dan mengikuti aturan yang berlaku. Pihak Polri telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan adanya gangguan, termasuk aksi dari kelompok tertentu.

"Kami bersama Panglima TNI terus bekerja untuk memitigasi potensi gangguan dan memastikan rute lalu lintas aman. Pengamanan rute dan rekayasa lalu lintas sudah dipersiapkan dengan matang," tambahnya.

Untuk pengamanan pelantikan, Polri mengerahkan 15.224 personel yang terbagi dalam delapan satuan tugas (Satgas), dengan sebagian besar personel sudah bertugas di lapangan. Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan bahwa TNI menurunkan 100.000 personel guna mendukung keamanan, dengan fokus utama pada mitigasi ancaman melalui koordinasi dengan Polri dan intelijen di wilayah Jakarta.

TNI juga menempatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang dilengkapi dengan sniper dan teknologi anti-drone untuk pengamanan VVIP di ring 1, sementara pasukan TNI-Polri akan bertanggung jawab atas ring 2 dan 3.

Editor: Gokli