Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPK Tanjungpinang Perjuangkan Gurindam 12 Masuk Memori Kolektif Bangsa
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 18-10-2024 | 19:04 WIB
Gurindam12.jpg Honda-Batam
karya monumental Gurindam 12. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tanjungpinang berupaya memperjuangkan karya monumental Gurindam 12 agar masuk dalam daftar Memori Kolektif Bangsa (MKB).

Berbagai langkah telah ditempuh untuk mewujudkan hal ini. Di antaranya mencari naskah Gurindam 12 asli dan naskah pendukung karya Raja Ali Haji di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Jakarta.

"Alhamdulillah naskah asli Gurindam 12 sudah kita temukan di Perpusnas," kata Kepala Dinas DPK, Meitya Yulianti, Jum'at (18/10/2024).

Meitya menjelaskan, selain menemukan naskah asli, koordinasi juga dilakukan dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), tokoh masyarakat, akademisi, dan sejarawan yang memahami secara mendalam makna tersirat dan tersurat dalam karya Raja Ali Haji ini.

Menurutnya, Gurindam 12 merupakan karya bersejarah yang layak diakui sebagai bagian dari MKB, terlebih karena telah diteliti dan diakui secara internasional.

“Jika Gurindam 12 masuk MKB, maka kita bisa melangkah untuk mengusulkannya ke tingkat Memori Kolektif Dunia," jelas Meitya.

Kabid Kearsipan DPK, Maswito, menambahkan pihaknya sudah mendapatkan dukungan dari Direktur Preservasi ANRI, Nandar, dan Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Zulhidayat.

"Mereka sangat mendukung dan mendorong upaya ini. itulah yang menguatkan kami untuk terus maju," kata Maswito.

Ia pun berharap agar upaya ini berjalan lancar dan didukung oleh semua pihak. "Kami mohon doa agar niat baik ini terkabul," pungkasnya.

Editor: Yudha