Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadwal Debat Calon Wali Kota Batam Masih Dibahas KPU
Oleh : Aldy
Jum\'at | 18-10-2024 | 11:04 WIB
Mawardi-KPU-BTM1.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Batam, Mawardi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam masih dalam tahap pembahasan terkait jadwal debat untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, yang ditunggu masyarakat jelang Pilkada 27 November 2024. Debat ini dinilai sebagai momen penting untuk menilai visi, misi, serta keunggulan dan kelemahan kedua pasangan calon.

Ketua KPU Batam, Mawardi, menyampaikan jadwal debat antara pasangan calon nomor urut 1, Nuryanto-Hardi Selamet Hood (NADI), dan pasangan nomor urut 2, Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra (ASLI), masih dalam pembahasan internal.

"Rencananya debat akan digelar antara tanggal 1 hingga 15 November," ujar Mawardi, melalui pesan singkat, Jumat (18/10/2024).

Terkait jumlah sesi debat, Mawardi menyebutkan hal tersebut masih akan dibahas oleh KPU. "Kami belum menentukan jumlah sesi," tambahnya.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Internal KPU Batam, Bosar Hasibuan, sebelumnya menjelaskan kemungkinan debat hanya akan digelar dua kali, menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Saat ini, KPU sedang mempersiapkan segala kebutuhan untuk debat tersebut.

Debat publik ini direncanakan berlangsung pada Oktober dan November sesuai dengan Peraturan KPU nomor 13 tahun 2024 tentang Kampanye Pilkada, serta Keputusan KPU nomor 1363 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pilkada.

Bosar menjelaskan, debat akan melibatkan panelis dari kalangan profesional, akademisi, dan tokoh masyarakat. Debat akan dibagi dalam enam segmen, mulai dari penyampaian visi dan misi, pendalaman program, hingga sesi tanya jawab dan sanggahan.

Materi debat akan mencakup enam topik utama, yaitu kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah, pelayanan publik, penyelesaian persoalan lokal, pembangunan daerah dan nasional, serta penguatan NKRI dan kebangsaan.

Editor: Gokli