Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terbang Perdana Bawa 68 Orang Penumpang

PT BIB Buka Rute Baru Incheon Korea ke Hang Nadim Batam
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 17-10-2024 | 13:44 WIB
AR-BTD-4083-Batam-Korea.jpg Honda-Batam
Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah (kiri), Plt. Dirjen Perhubungan Udara Lukman F. Laisa (tengah), Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi PT Angkasa Pura Indonesia Ferry Kusnowo (kanan) (Foto: Aldy Daeng/Batamtoday)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Bandara Internasional Batam (BIB) telah membuka rute internasional baru yakni dari Incheon Korea langsung ke Bandara internasional Hang Nadim Batam secara langsung.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara, Lukman F. Laisa, menyebutkan, penebangan perdana dari Incheon ke Batam ini memakan waktu sekitar 6,5 jam. Soft launching penerbangan ini sendiri tiba di bandara internasional hang nadim sekitar pukul 02.38 WIB dini hari.

"Penerbangan ini sudah lama kita tunggu. Alhamdulillah selama dua tahun kita menunggu, akhirnya pagi ini terealisasikan juga," ucap Lukman, Kamis (17/10/2024) dini hari.

Pada kesempatan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat, sehingga penerbangan perdana ini bisa berjalan dengan lancar.

"Batam merupakan kota ke tiga , penerbangan langsung dari Korea ke Indonesia, sebelumnya rute dari Korea baru ada ke Jakarta dan Denpasar Bali," ungkap Lukman.

Disaat yang sama, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Kurniansyah, menyampaikan, penerbangan dari Korea ke Batam sebelum bulan Oktober ini (musim Winter) ini ada tiga kali dalam sepekan. Namun, mulai 27 Oktober 2024, (musim Winter) itu akan menjadi empat kali dalam sepekan.

"Kita harapkan tahun depan penerbangan ini sudah delevered dari Incheon ke Batam (Sumner 2025)," harap Pikri Ilham.

Dijelaskan Pikri, pada penerbangan perdana ini (soft launching) ada 68 orang penumpang, dengan visa kunjungan selama 30 hari. Kata Pikri, untuk jadwal resmi pada yang akan dimulai pada 17 Oktober 2024 masih menunggu pada sistem.

"Untuk 27 Oktober, schedule resminya belum masuk, dan belum dapat data dan jumlah penumpangnya. Nanti kami informasikan kan," ungkap Pikri Ilham.

Masih kata Pikri dua maskapai penerbangan yakni Jeju air dan Lion air akan bekerjasama untuk penerbangan dari Incheon ke Batam. Menurutnya kedua maskapai ini bisa disatukan dengan bentuk kerjasama.

"Untuk penerbangannya dilakukan oleh Jeju, untuk pemasaran dilakukan kedua maskapai itu. Pada code penebangan itu juga dilakukan bersama atau sharing code. Namun, untuk operasional penerbangan dilakukan oleh satu maskapai yakni Jeju Airline," sebutnya.

"Lion air sebagai marketing carrier, sedangkan Jeju Air, itu sebagai operation carrier. Artinya, penumpang bisa membeli tiket Jeju air melalui sistem yang ada Lion air," sambungnya.

Ditambahkan Pikri, terkait pengurusan vis, saat ini masih terpusat di jakarta, kedepan, untuk memudahkan masyarakat Batam dan sekitarnya, pihaknya tengah mengupayakan menghadirkan visa center di Kota Batam.

"Mekanismenya nanti petugas visa center yang akan mengurus ke Jakarta, masyarakat Batam tak perlu repot-repot ke Jakarta,"

Sementara, Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi PT Angkasa Pura Indonesia, Ferry Kusnowo, menambahkan, Angkasa pura mengucapkan selamat atas rute penebangan yang baru ini, terimakasih juga atas support dari Kemenhub, BP Batam dan Bandara internasional Batam (BIB).

"Kami berharap penerbangan ini bisa berjalan terus menerus, membawa wisatawan Korea ke Batam dan begitu juga sebaliknya," kata Ferry Kusnowo.

Editor: Surya